Peringati Hari Kebangkitan Nasional ke-115, Korem 073/Makutarama Gelar Upacara Bendera

Senin, 22/05/2023 - 09:00
Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Korem 073/Makutarama
Upacara Hari Kebangkitan Nasional di Korem 073/Makutarama

Klikwarta.com , Salatiga – Untuk meperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115, Korem 073/Makutarama menggelar upacara bendera, yang di ikuti oleh prajurit dan PNS serta Disjan, bertempat di Lapangan Makorem. Jl Diponegoro. Salatiga. Senin. (22/05/2023).

Dalam upacara tersebut, Danrem 073/Makutarama Kolonel Inf Purnomosidi, S.I.P., M.A.P., bertindak sebagai Inspektur upacara dan membacakan langsung sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Seratus lima belas tahun lalu, bara persatuan Indonesia sebagai negara mulai menyala. Hal ini ditandai dengan meleburnya berbagai gerakan perjuangan yang bersifat kedaerahan menjadi satu barisan yang utuh dengan didirikannya Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908.

Saat kemerdekaan telah kita raih, barisan perjuangan kita harus tetap rapat, erat, dan terus maju bergerak-mengobarkan api “Semangat Untuk Bangkit!” demi mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan memperingati perjuangan bersama Kementerian, Lembaga, Pemerintah Daerah, sektor swasta, akademisi, pers, komunitas, dan seluruh elemen bangsa saling bahumembahu berkolaborasi menerapkan nilai-nilai persatuan dalam mewujudkan kebangkitan bangsa.

“Hari Kebangkitan Nasional juga kita maknai dengan mensyukuri segala langkah kemajuan, perbaikan, atau bahkan pelajaran yang didapatkan dari perjuangan kita,”ucap Danrem.

Kebangkitan Indonesia di tengah krisis dunia juga ditunjukkan melalui kiprah di berbagai forum internasional, di tahun 2022 semakin membawa harum nama Ibu Pertiwi dalam mendorong “Semangat Untuk Bangkit”.

Tingginya kepercayaan dunia kepada Indonesia menjadi momentum untuk mengimplementasikan semangat kebangkitan nasional dalam menyambut era pasca Pandemi COVID-19 sekaligus perjalanan menuju Indonesia Emas 2045.

“Mengutip perkataan dr. Soetomo, “Generasi yang mau berjuang untuk kemandirian bangsanya adalah generasi yang mencintai generasi penerusnya dan mencintai tanah airnya,”pungkasnya.

“Mari kita bersama-sama untuk terus mempertahankan bara api semangat kebangkitan nasional sembari merapatkan barisan perjuangan kita dengan menunjukkan kerja keras, kerja cerdas, juga kerja bersama demi kemandirian dan kemajuan bangsa yang berkelanjutan,”tutup Danrem.
(Penrem 073/Makutarama)

Pewarta m@s

Related News