Rutin Dampingi Petani, Babinsa Koramil 0801/12 Bantu Perawatan Tanaman Padi

Sabtu, 18/05/2024 - 20:06
Bantu petani rawat tanaman padi di wilayah desa binaan
Bantu petani rawat tanaman padi di wilayah desa binaan

Klikwarta.com, Pacitan - Padi merupakan salah satu tanaman sumber utama untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi masyarakat khususnya di Indonesia. Oleh karena itu, perawatan yang baik terhadap tanaman padi sangatlah penting untuk memastikan hasil panen yang optimal.

Tak ingin ketinggalan, Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku Kodim 0801/Pacitan Sertu Heru terus melakukan pendampingan terhadap para petani di wilayah binaannya, mulai dari awal pengolahan lahan, masa tanam, perawatan hingga nanti memasuki panen. 

Keterlibatan Babinsa ini tak lain, bertujuan untuk meningkatkan produksi pangan di wilayah, sekaligus mengatisipasi jika sewaktu-waktu terjadi krisis pangan, dihadapkan pertumbuhan penduduk Indonesia kian bertambah pesat, tentunya kebutuhan pangan juga semakin besar.

Dalam keterangannya, Sertu Heru mengatakan,  bahwa dengan menerapkan strategi perawatan padi yang efektif, diharapkan petani dapat memperoleh hasil panen yang maksimal sehingga meningkatkan produktivitas pertanian padi mereka.

"Setiap daerah mungkin memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda. Akan tetapi berkat ketekunan dan keuletan para petani, saya yakin hasil panen dapat diperoleh secara maksimal", ujarnya saat di temui bersama warga di lokasi Desa Watu Katung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Sabtu (18/05/2024). 

Lebih dari itu, dirinya juga mengajak kepada para petani di wilayah binaannya untuk terus berinovasi serta menciptakan terobosan-terobosan, demi mempermudah dalam menanam padi serta memperoleh hasil panen yang berkualitas dan maksimal. 

"Tanah yang sehat dan subur adalah kunci kesuksesan dalam menanam padi. Petani perlu melakukan praktik pengelolaan tanah yang baik, termasuk penerapan rotasi tanaman, penggunaan pupuk organik dan konservasi tanah untuk menjaga kesuburan tanah", ungkapnya.

(Kontributor : Arif)

Related News