SE Bupati Seluma Tak Digubris Oleh PT AGRI ANDALAS

Rabu, 05/05/2021 - 11:34
Ketua Komisi Satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluma Samsul Aswajar SSos Sidak ke lokasi lahan X-HGU PT Jenggalu Permai
Ketua Komisi Satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluma Samsul Aswajar SSos Sidak ke lokasi lahan X-HGU PT Jenggalu Permai

Klikwarta.com, Seluma - Surat Edaran Bupati Seluma yang diterbitkan pada tanggal 15 April 2021 dan hasil rapat hearing di ruang rapat Bupati Seluma pada 19 April 2021, keduanya membuat harapan untuk tidak dilakukan aktifitas apapun di atas lahan X-HGU PT. Jenggalu Permai yang telah habis masa berlakunya baik dari  PT. AGRI ANDALAS maupun dari pihak masyarakat hingga ada keputusan berikutnya tidak di indahkan oleh pihak PT. AGRI ANDALAS, pasalnya pihak Perusahaan AGRI ANDALAS kemarin masih melakukan aktifitas pemanenan buah kelapa sawit di atas lahan tersebut. 

Hal ini membuat geram Ketua Komisi Satu Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seluma, Samsul Aswajar S.Sos yang langsung melakukan sidak ke lokasi lahan X-HGU PT. Jenggalu Permai didampingi oleh Kepala Desa Jenggalu, Joni Midarling ST, Selasa 04/05/2021, Sekitar Pukul 13:30 Wib.

Sayangnya agenda sidak salah satu Wakil Rakyat Seluma dari Partai Golkar ini disinyalir telah bocor, sehingga tidak dijumpai aksi panen buah kelapa sawit di lokasi, namun terlihat bekas aktifitas pemanenan yang kemudian diperkuat dengan keterangan warga sekitar.

"Surat Edaran Bupati Seluma tanggal 15 April 2021 untuk tidak ada aktifitas baik dari Masyarakat maupun PT. AGRI ANDALAS, termasuk terahir kemarin ada Rapat Hearing tanggal 19 April 2021 yang juga mengharapkan untuk tidak ada aktifitas dalam satu bulan ke-depan sampai adanya keputusan - keputusan yang diambil berikutnya, tetapi pada kenyataannya saat ini pihak PT. AGRI ANDALAS Sudah berani mempecundangi Bupati Kabupaten Seluma dengan tidak mengindahkan surat edarat Bupati dan tidak menggubris apa yang terjadi di tengah - tengah Masyarakat, mereka melakukan pemanenan tanpa Ada kontribusi sama sekali dengan Desa Jenggalu termasuk Kabupaten Seluma", ungkap Samsul. 

"Terus terang, selaku Wakil Rakyat Saya merasa kecewa, Saya menghimbau kepada Masyarakat jangan sampai mudah terpropokasi, Sekelas Bupati saja boleh dikatakan saat ini masih belum bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi permasalahan di lahan X-HGU PT. Jenggalu Permai", tutur Samsul

Lanjut Samsul, dirinya juga mendapat informasi bahwa ada sejumlah warga Desa Jenggalu yang dipanggil pihak Kepolisian terkait laporan dari pihak PT. AGRI ANDALAS yang merasa dihalang - halangi warga dalam melakukan aktifitas panen di lahan tersebut. 

"Terkait dengan adanya warga yang dipanggil ke Polres Seluma, Kami meminta kepada Bapak Bupati Seluma untuk segera memberikan keputusan yang jelas, jangan sampai masyarakat nanti yang menjadi tumbal, kalau memang ini punya PT. AGRI ANDALAS, nyatakan ini punya PT. AGRI ANDALAS, kalau memang ini punya X-HGU PT. Jenggalu Permai kembali ke Kabupaten Seluma, kembalikan ini ke Kabupaten Seluma, jangan sampai masyarakat jenggalu yang menganggap ini milik Kabupaten Seluma kemudian disangkakan menghalang-halangi PT. AGRI ANDALAS, dan Saya mohonn dengan sangat Kepada Bapak Kapolres Seluma diminta pengertianya, Kepada Bapak Bupati Seluma selaku pimpinan tertinggi di Kabupaten Seluma untuk melindungi masyarakat Desa Jenggalu", pungkas Samsul.

(Pewarta : Agung W)

Related News

loading...