Jadi Pemateri Lokakarya Desiminasi Program PINTAR, Ini Kata Kadisdik Batu Bara

Rabu, 19/02/2020 - 10:01
Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus bersama Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud RI Ir. Hendrawan M. Sc. Ph.D.Sudarman.
Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus bersama Kepala Pusat Penguatan Karakter Kemendikbud RI Ir. Hendrawan M. Sc. Ph.D.Sudarman.

Medan, Klikwarta.com - Lokakarya Desiminasi Program Pintar Sumatera Utara dalam Praktik baik Pembelajaran, Manajemen Berbasis Sekolah dan Budaya Baca bersama Tanoto Foundation diikuti oleh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), Selasa(18/02/2020) di Grand Inna Hotel Jalan Balai Kota Medan Provinsi Sumatera Utara.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara Ilyas Sitorus sebagai Pemateri di acara Lokakarya Tanoto Foundation mengatakan antusias sekolah untuk mengikuti dan melakukan penyebaran praktik baik program PINTAR Tanoto Foundation di Batu Bara sangat positif. 

Menurut Ilyas,  Kesemua itu atas dukungan dari  Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M. AP serta DPRD Kabupaten Batu Bara dalam pengembangan Program pintar untuk semua Kecamatan di Kabupaten Batu Bara. 

Dimana, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara telah menyusun dan merencanakan Model Diseminasi dengan lebih baik di tahun 2020 untuk semua Kecamatan, SD maupun SMP yang belum mendapat sentuhan program PINTAR Tanoto Faoundation, atas bantuan Tanoto Foundation tahun 2018 dan 2019 sejumlah 56 SD dan 6 SMP.

Sedangkan program PINTAR melalui Desiminasi tahun 2019 ada 72 SD dan 4 SMP dan Pada tahun 2020 Desiminasi akan menyentuh semua sekolah di kecamatan bagi yang belum tersentuh program PINTAR Tanoto dengan jumlah 120 SD dan 47 SMP.

"Dalam pengembangan Deseminasi tahun 2020, akan menggunakan berbagai sumber dana seperti sumber dana sekolah, baik melalui dana(BOS) atau menggunakan dana pribadi guru-guru (tunjangan profesi guru) maupun sumber lainnya seperti dukungan perusahaan yang ada di Kabupaten Batu Bara maupun dukungan APBD", tutur Ilyas yang akrab dengan sapaan Cekku.

Sementara, Yusri Nasution Sebagai Provincial Koordinator Sumatera Utara menyampaikan bahwa hasil Lokakarya akan menyusun rencana tindak lanjut dari Dinas Pendidikan dan Kemenag untuk memastikan tercapainya kualitas program, dimana Dinas Pendidikan dan Kemenag mempunyai rencana dan strategi diseminasi program PINTAR di Kabupaten/Kota mitra Tahun Anggaran 2020 dan Perencanaan Disseminasi serta LPTK mempunyai perencanaan diseminasi program PINTAR 2020.

Di sisi lain, Rimbananto (GOI Liaison Specialist) Tanoto Foundation di dampingi Kepala Distrik Koordinator Tanoto Foundation untuk Kabupaten Batu Bara, Bobby mengatakan bahwa tujuan(Objective) Secara umum dan kegiatan Lokarya Desiminasi Program PINTAR Provinsi Sumatera Utara adalah Setiap daerah mitra mempunyai rencana tindak lanjut untuk memastikan tercapainya kualitasa program bahkan Setiap daerah mitra memiliki perencanaan perluasan program PINTAR melalui anggaran pemerintah daerah maupun sumber lain yang sah serta setiap daerah mitra dapat memetakan strategi yang efektif, efisien untuk diseminasi program PINTAR. 

Rimbananto berharap setiap daerah dapat menemukan berbagai alternatif pendanaan untuk diseminasi, Berbagi praktik baik/lesson learned proses/perencanaan diseminasi antar daerah mitra, Dukungan penyebarluasan praktik baik dari Stakeholder di tingkat provinsi maupun dukungan penyebarluasan praktik baik dari LPTK Mitra.

(Pewarta : Muhammad Yusuf)

Related News

Loading...

pers

loading...