Kekayaan Alam di Sumatera Barat Layaknya Surga Tersembunyi

Kamis, 21/01/2021 - 09:54
Kekayaan Alam di Sumatera Barat Layaknya Surga Tersembunyi
Kekayaan Alam di Sumatera Barat Layaknya Surga Tersembunyi

Oleh : Raihan Anwar Surya Pratama

Klikwarta.com - Siapa disini yang tidak mengenal pulau Sumatera khusus nya Provinsi Sumatera Barat yang Ibukotanya Padang. Nahh, yang kita tahu Padang selama ini terkenal kulinernya yang melegendaris dan mendunia infonya masuk nominasi 5 besar makanan terlezat di dunia. Yaaa apa lagi kalau bukan Rendang, tapi nih selain makanan nya yang sudah "Go" internasional Sumatera Barat ternyata masih memiliki banyak kekayaan budaya yang tersembunyi layaknya surga dunia, mungkin sebagian dari masyarakat ada yang sudah mengetahuinya seperti; Tari Piringnya yang sudah melegendaris dan tarian adat, pakaian adat, hingga keindahan alam yang ada di Sumatera Barat.

Untuk itu agar bisa menambah wawasan budaya dan alam Sumatera Barat, yuk kita kepoin isi artikel ini untuk mengulik apa aja sih yang Sumatera Barat miliki. Siapa tahu bisa menjadi referensi liburan untuk melepas rehat sejenak dari tugas sehari-hari sekaligus mencari suasana baru dari hiruk pihuknya ibu kota. 

1.Rumah adat Sumatera Barat

Jika kalian semua yang ingin datang ke Sumatera Barat mungkin rekomendasi yang kita miliki pertama adalah suatu pemandangan yang akan langsung menyambut keindahan rumah adatnya yaitu Rumah Gadang yang terkenal akan atapnya lancip keatas nihh. Yaa, keunikan rumah adat minang ini kabarnya memiliki bentuk sebuah bentuk ciri khas yang lebih mencuat ke atas karena memiliki makna arti menjurus kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

2.Pakaian adat Sumatera Barat 

Setiap warga daerah di Indonesia pasti memiliki pakaian adatnya tersendiri. Nahh apa saja pernak pernik pakaian adat Minang khusus untuk wanita yaitu Pakaian Limpapeh rumah nan Gadang, Baju Batubue (Baju Bertabur), Minsie, Tingkuluak, Lambak atau Sarung, Salempang, Dukuah (Kalung), Galang (Gelang), Palaminan. Sementara untuk pakaian pria yaitu Pakaian penghulu, Destar, Baju, Sarawa, Sasampiang (sesamping), Cawek (Ikat Pinggang), Sandang, Keris, Tungkek (Tongkat).

3.Tarian adat Sumatera Barat

Tarian Adat merupakan salah satu kesenian daerah yang menandakan sebuah adanya kebudayaan, Tak hanya menampilkan kreatifitas masyarakatnya saja namun juga menyampaikan sebuah makna yang tersemat dalam tarian tersebut. Nah disini saya akan menyebutkan tarian khas Minangkabau diantaranya adalah;
Tarian Alang Babega, Indang, Lilin, Pasambahan Minang, Piring, Payung, Rantak, Ambek-ambek koto Anau, Randai, Sabalah, Barabah, Gelombang, Kain Paisia Selatang, Indang Badindin, Kiek Gadih Minang. Dan yang terakhir sering ada di sebuah pesta besar pernikahan yang memperagakan tarian sambil membawa sekecil piring/mangkuk yaitu adalah tari piring. 

4.Senjata Tradisional 

Seperti daerah lain di beberapa wilayah Indonesia yang memiliki senjata Tradisional yang menandakan sebagai alat pertahanan diri di zaman penjajahan, Nahh Sumatera Barat juga memiliki beberapa senjata tradisional yang kini menjadi bagian dari budayanya. Berikut nihh teman-teman beberapa alat tradisional Minangkabau yang mungkin belum kamu ketahui yaitu Kerambit, Karih, Kalewang, Ruduih, dan Piarik.

5.Suku Sumatera Barat 

Keberagaman suku budaya yang ada di Sumatera Barat merupakan sebuah anugerah yang Tuhan berikan yang mungkin tidak ternilai harganya. Dengan banyaknya suku disana, beragama kebudayaan lain akan tercipta dengan sendirinya. Nahh berikut suku yang ada di Sumatra Barat, yaitu Suku Minangkabau, Sakai, Talang Mamak, Kerinci, Kubu, Melayu, Mentawai, dan Bonai

6.Bahasa daerah di Sumatera Barat

Dari banyaknya suku yang terdapat di Sumatera Barat tentu dibutuhkan suatu media untuk menyatukan beberapa suku dari budaya lain. Salah satunya nihh dengan menggunakan Bahasa daerah. Dimana Bahasa daerah bukan hanya menandakan identitas suatu budaya tetapi kebudayaan Sumatera Barat yang digunakan sebagai sarana komunikasi namun juga sebagai pemersatu bangsa. Nahh, berikut ini bahasa daerah yang digunakan oleh Minangkabau yaitu Bahasa Minangkabau / Baso Minang, Bahasa Mentawai, Bahasa Melayu. 

7.Makanan khas Sumatera Barat

Nahh seperti yang sudah saya jelaskan diawal, siapa sihh disini yang tidak kenal dengan rendang makanan khas Padang? tetapi bukan hanya rendang saja lohh makanan tradisonal Minang. Tentu satu hal yang selalu dicari oleh para pengunjung apabila datang ke Sumatera Barat yaitu masakan khasnya. Dimana dari wilayah ini anda bisa menjumpai berbagai masakan bercita rasa lezat dan khas dari suatu makanan tradisionalnya, seperti nasi Kapau. 

Selain itu, provinsi ini juga sangat terkenal dengan nasi padangnya yang bahkan bisa anda jumpai hampir di setiap penjuru Indonesia. Berikut makanan khas Sumatera Barat yaitu Rendang, Rendang Lokan, Dendeng Lokan, Dendeng Balado, Dendeng Batakok, Gulai Banak, Gulai Kambiang, Gulai Manih, Gulai Pucuak Ubi, Gulai Asin Padeh, Gulai Tunjang, Gulai Paku, Gulai Toco, Gulai Itiak, Pangek Masing, Pangek Padek, Kalio Dagiang, Ikan Baka, Soto Padang, Goring Baluik, Goreng Lauak, Palai Bada, Kalio Jariang, Sambalado Tanak, Sambalado Matah, Cancan, dan Ikan Balado dengan kuah baladonya

8.Wisata Sumatera Barat

Disini bukan hanya menawarkan makanan, tarian serta keindahan budayanya saja loh! Sumatera Barat juga memiliki keindahan objek wisatanya. Berikut wisata yang terkenal di Sumatera Barat; Pantai Carolina, Lubuak Rantiang, Pantai Padang, Pantai Pasir Jambak, Museum Adityawarman, dan yang terakhir adalah wisata Miniatur Makkah. 

Apakah kamu sudah mulai tertarik untuk jadikan Sumatera Barat sebagai destinasi liburan untuk mengusir penat dari tugas sehari-hari dan mencari kehidupan suasana baru dengan adat dan alam yang indah? Yuk jadwalkan rencana liburan anda kesana bersama keluarga dan jangan lupa  pastikan isi dompetmu terisi penuh agar semua keindahan budaya, tarian, dan makanan khas dapat dinikmati sepuasnya.

Related News

loading...