Kesadaran Bela Negara Membara di Kota Surakarta

Rabu, 28/02/2024 - 23:17
Brigjen TNI G Eko Sunarto Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan
Brigjen TNI G Eko Sunarto Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan

Klikwarta.com, Surakarta - Seratusan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat Kota Surakarta mengikuti Sosialisasi Pembinaan Kesadaran Bela Negara (PKBN) TA. 2024 di Solia Zigna Hotel pada Rabu (28/2/24), yang diadakan oleh Kementerian Pertahanan RI. Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Brigjen TNI G. Eko Sunarto S.Pd., M.Si (Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan), Kolonel Arm Agus Junaidi, dan para tokoh agama, masyarakat, serta pemuda.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Brigjen TNI G. Eko Sunarto S.Pd., M.Si (Dir Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan), Kolonel Arm Agus Junaidi (Analisa Madya Bid. Sosial Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemnhan), Kolonel Adm Amiruddin Laupe S. MM (Kasubdit Lingkim Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan), Kolonel Tek Saparkolip, S.Sos., M.M (Kadispotdirga Lanud Adi Soemarmo), Letkol Inf Eko Hardianto, SH. MIP (Dandim 0735/Surakarta), Letkol Inf Arif Isnawan (Kasiter Korem 074/Wrt), Letkol Cpm Teguh Ariwibowo, S.H (Dandenpom IV/4)DB Susanto, SH., M.H (Kajari Kota Surakarta), Drs. Tamso M.M (Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat), Daryono, SE (Kabid Kesatuan Bangsa Badan Kesbangpol Surakarta) dan Para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Organisasi Kepemudaan dan Organisasi Kemasyarakatan Kota Surakarta.

Dalam sambutan Walikota Surakarta yang dibacakan oleh Drs. Tamso M.M, hakikat bela negara dijelaskan sebagai sikap dan tindakan warga negara yang ditekankan pada kecintaan dan kesetiaan untuk melindungi, mempertahankan, dan memajukan kehidupan bersama.

.

Drs. Tamso M.M juga menyampaikan bahwa kesadaran bela negara melibatkan berbakti dan berkorban untuk negara, dengan menekankan pentingnya memberikan kinerja terbaik dalam profesi masing-masing sebagai modal sosialisasi untuk membangun bangsa yang maju.

Brigjen TNI G. Eko Sunarto S.Pd., M.Si, Direktur Bela Negara Ditjen Pothan Kemhan, menekankan bahwa kegiatan tersebut seharusnya dilakukan sepanjang tahun oleh seluruh instansi pemerintah, sejalan dengan visi dan misi Presiden dalam membangun karakter mental melalui Perpres Nomor 18 tahun 2020.

Dia juga menyoroti Perpres nomor 115 tahun 2022 yang menegaskan kebijakan pembinaan kesadaran bela negara, menekankan partisipasi seluruh komponen bangsa, termasuk pemerintah daerah, dalam melaksanakan kegiatan tersebut.

Pemberian Plakat dari Brigjen TNI G. Eko Sunarto kepada Drs. Tamso M.M menjadi simbol komitmen bersama untuk membangun kesadaran nasionalisme, mencintai negara, dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman baik dari dalam maupun luar negeri.

(Kontributor : Widyo)

Related News