Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Hadiri Rembuk Stunting

Rabu, 13/07/2022 - 07:23
Sugeng Suroso Tandatangani Sebuah Dokumen Program Pro Penurunan Angka Kasus Stunting
Sugeng Suroso Tandatangani Sebuah Dokumen Program Pro Penurunan Angka Kasus Stunting

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Blitar Sugeng Suroso menghadiri Rembuk Stunting di Hall Wisata Edukasi Kampung Cokelat, Selasa (12/7/2022).

Sugeng menjelaskan, Rembuk Stunting ini dilakukan dalam rangka penanggulangan stunting serta pelaksanaan konvergensi ke tiga di Kabupaten Blitar. Secara garis besar, pihaknya mendukung upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar untuk mempercepat penurunan angka stunting dengan berbagai programnya.

"Secara garis besar kami mendukung langkah-langkah pemerintah daerah untuk menurunkan angka stunting. Stunting merupakan salah satu fokus permasalahan yang dihadapi saat ini," katanya.

Terpisah, Bupati Blitar Rini Syarifah mengingatkan pentingnya memaksimalkan koordinasi tim dari Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Perlindungan Perempuan dan Anak (DPPKBP3A) dengan jajaran mulai dari tingkat RT, RW, Desa/Kelurahan, kecamatan hingga kabupaten.

Bupati Rini mengatakan, ini tidak hanya pada Dinas Kesehatan ataupun Dinas PPKB dan P3A, tetapi tugas semua pihak, sesuai peran dan tugas masing-masing demi mewujudkan generasi penerus yang sehat, cerdas dan berkualitas untuk membangun masyarakat Indonesia yang maju.

Dikatakannya, melihat hasil analisis situasi tahun 2022 yang melibatkan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dinkes, serta perangkat daerah terkait dengan didampingi oleh tim pendamping Koordinator Provinsi Jawa Timur adalah sasaran pencegahan stunting ada di 26 desa dari 12 kecamatan.

"Untuk itu perlu adanya koordinasi dan kerjasama yang baik dari semua pihak, baik dari lintas perangkat daerah, PKK, perguruan tinggi, Organisasi Masyarakat serta CSR, Tim Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten, tingkat kecamatan sampai tingkat desa," ujarnya.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News