Ma'ruf Amin Wakil Presiden, Dr Zulkarnain Dali Ketua NU ke Kursi Gubernur Bengkulu

Jumat, 05/07/2019 - 08:48
Dr Zulkarnain Dali
Dr Zulkarnain Dali

Klikwarta.com - Tokoh masyarakat Lembak, Dr Zulkarnain Dali dijagokan untuk bersaing di pilkada Gubernur Bengkulu 2020 nanti. Zulkarnain Dali saat ini menjabat sebagai Wakil Rektor I Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Dia juga menjadi Ketua PW Nahdlatul Ulama Provinsi Bengkulu. Namanya sudah dikenal sejak lama dikalangan politisi dan masyarakat, khususnya Lembak. 

"Kami juga ingin keterwakilan masyarakat Lembak di kancah pilkada 2020 nanti, karena menurut kami Lembak juga memiliki banyak tokoh yang sudah mampu memimpin Bengkulu, salah satunya Pak Zulkarnain," ujar Darma, tokoh pemuda Lembak dalam keterangan rilisnya, Kamis (4/7/2019). Darman menambahkan, usulan nama Zulkarnain Dali telah melalui musyawarah beberapa tokoh penting, karena, Zulkarnain Dali dianggap merepresentasikan keterwakilan Lembak di pilkada 2020 nanti.

"Pak Zulkarnain terkenal sudah lama berkiprah ditengah masyarakat, beliau juga tokoh NU yang memiliki basis massa grassroot, saya rasa reputasinya sudah cukup untuk memimpin Bengkulu, pilkada 2020 nanti memungkinkan keterwakilan semua suku dan daerah di Bengkulu, jadi tidak salah kalau masyarakat Lembak juga mengikutkan tokohnya untuk berkontestasi di pilkada 2020 nanti," terang Darma.

Alasan lain diutarakan Darma adalah, selain basis Lembak yang akan mendukung Zulkarnain Dali, kekuatan akar rumput warga Nahdlatul Ulama juga tersebar diberbagai daerah. 

"Ini menjadi kekuatan yang tidak bisa diremehkan, sebab, kekuatan massa NU akan menjadi terkonsolidasi dengan baik, hal itu didukung dengan ketokohan Pak Ma'ruf Amin yang nanti sudah menjadi Wakil Presiden RI ketika pilkada berlangsung, tentu Pak Ma'ruf Amin akan mendukung kadernya untuk berkiprah ke politik," jelas Darma.

Sementara itu, Wakil Ketua DPW PKB Suimi Fales merespon baik munculnya nama Zulkarnain ke bursi pilkada Bengkulu. Menurut Suimi Fales, bisa saja dan sangat mungkin sosok Zulkarnain Dali melaju kekursi gubernur. Alasannya, dukungan massa NU dan Lembak bisa menjadi kekuatan potensial. Bahkan, Suimi memprediksi Zulkarnain bisa jadi kuda hitam politik di pilkada nanti.

"Sangat mungkin beliau masuk bursa dan menjadi kuda hitam, beliau tokoh Lembak dan juga Ketua PWNU, ditambah lagi nanti Pak Ma'ruf Amin sudah duduk di kursi Wakil Presiden RI, soal partai saya rasa bisa dikonsolidasikan melalui berbagai jaringan yang beliau miliki," kata Suimi Fales yang juga anggota dewan provinsi terpilih periode 2019-2024.

Suimi yang saat ini masih menjabat sebagai Anggota DPRD Kota Bengkulu berpendapat, situasi dan peta politik pilkada gubernur bisa sangat mungkin berubah drastis ketika ada intervensi pusat.

"Sangat mungkin sekali, Pak Zulkarnain jelas memiliki jaringan di pusat, soal partai politik tentu bisa dikonsolidasikan dengan baik nantinya, jika tidak melalui jalur partai, tidak begitu sulit bagi beliau maju melalui jalur independen, tinggal lagi beliau bersedia apa tidak maju di pilkada 2020 nanti," ungkap Suimi.

Sementa Ketua PWNU Bengkulu Dr Zulkarnain Dali saat dikonfirmasi belum memberikan responnya. Dia hanya memberikan jawaban "terimakasih" ketika dikonfirmasi melalui Whatsapp terkait dorongan masyarakat Lembak untuk dia maju ke kursi Gubernur Bengkulu. (Rls)

a

TMMD

 

Related News