Pangkoopsud I Tutup Latihan Jalak Sakti TA. 2023 di AWR Buding Lanud ASH

Senin, 29/05/2023 - 20:43
Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto saat menutup latihan
Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto saat menutup latihan

Klikwarta.com, Belitung - Pangkoopsud I Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc., selaku Pimpinan Umum Latihan (Pimumlat) pimpin upacara penutupan Latihan Matra Udara II Jalak Sakti Koopsud I TA. 2023. Bertempat di Air Weapon Range (AWR) Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoeddin, Belitung. Dihadiri oleh para pelaku dan unsur Kolat yang terlibat dalam jalannya Latihan tersebut. (Senin, 29-05-2023).

Dalam sambutannya Pangkoopsud I menyampaikan, "Syukur alhamdulillah, pertama dan utama yang perlu saya ucapkan, karena seluruh rangkaian kegiatan latihan operasi udara gabungan yang dimulai sejak tanggal 23 - 29 Mei 2023, yang diawali dengan pelaksanaan Gladi Posko dan Tactical Air Manuvering Game (TAMG), kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Gladi Lapangan di AWR Lanud Abdullah Sanusi Hanandjoedin (ASH), Provinsi Bangka Belitung, dapat berjalan aman, lancar dan sesuai rencana," ujar Pangkoopsud I.

.

"Sekali lagi saya memberikan apresiasi yang tinggi atas dedikasi, semangat dan pengabdian terbaik pelaku dan jajaran Kolat maupun unsur-unsur pendukung lainnya yang terlibat dalam penyelenggaraan latihan kali ini. Hal tersebut membuat saya merasa bangga kepada para personel di jajaran Koopsud I. Terlebih lagi yang patut kita syukuri dalam Latihan ini adalah tercapainya zero accident" jelas Alumni AAU '93 lebih lanjut.

Dalam pelaksanaan Latihan Jalak Sakti TA. 2023 yang digelar di AWR Buding dilibatkan juga latihan Trisula Perkasa Korpasgat serta pelibatan PMI, SAR, dan BPBD. Sehingga dapat menunjukkan sinergitas yang baik antara TNI dengan instansi lain dalam menghadapi suatu kontijensi.

.

Pangkoopsud I berharap, "Latihan Jalak Sakti ini hendaknya dapat dijadikan bekal pengetahuan dan referensi dalam perumusan proses perencanaan dan pelaksanaan operasi udara, melalui latihan operasi dalam rangka proyeksi penggunaan kekuatannya ke daerah operasi yang bersifat taktis maupun strategis, sehingga para pelaku memiliki kemampuan dalam proses perencanaan, persiapan dan pelaksanaan operasi, serta kesiapsiagaan yang mampu menghadapi kontijensi dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AU maupun tugas gabungan dari TNI".

Menutup sambutannya Pangkoopsud I  mengucapkan, "Terima kasih kepada Pemerintah Daerah, BPBD, PMI, Kansar, Unsur TNI dan Polri di wilayah Belitung, serta masyarakat yang bermukim di sekitar daerah latihan AWR Buding ini, yang telah turut memberikan dukungan, sehingga latihan ini dapat berjalan aman, lancar dan sesuai rencana. Apabila selama penyelenggaraan latihan terdapat hal-hal yang kurang berkenan yang dilakukan oleh para prajurit kami, mohon kiranya dibukakan pintu maaf yang selebar-lebarnya".

(Kontributor : Arif)

Tags

Related News