Pemprov Kembangkan Kopi Bengkulu

kopi Bengkulu
kopi Bengkulu

Klikwarta.com - Salah satu komoditas unggulan Bumi Rafflesia yakni Kopi Bengkulu terus didorong untuk pengembangan serta pemasarannya. Dalam hal ini berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Provinsi Bengkulu dalam mempopulerkan kopi Bengkulu hingga tingkat nasional maupun internasional. 

Produksi kopi Bengkulu saat ini mencapai angka 60-70 Ribu Ton per Tahun dan merupakan ke 3 Nasional dalam hal produksi kopi. Nantinya, kopi Bengkulu akan dijadikan sebagai komoditas ekspor utama.

Beberapa waktu lalu, kopi Bengkulu juga menjadi sajian dalam pertemuan IMF (International Monetary Fund) bersama World Bank dan seluruh kepala Bank Sentral, termasuk ratusan kepala negara di Bali pada 14-19 Oktober 2018. 

Semangat mempromosikan dipertegas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah dengan melauncing Bencoolen Rider pada tahun lalu. Dengan bertajuk ‘Coffee Rider’, Rohidin Mersyah mempromosikan produk kopi dengan pemasaran dan racikan modern tanpa menyampingkan kualitas tradisional yang tersaji.

Sedikitnya ada tujuh tujuh brand produk khusus kopi premium asal Bengkulu yang nantinya akan didistribusikan secara massal, disusul produk olahan kopi lain dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu.

Dalam pengolahan skala besar pemerintah Provinsi Bengkulu juga sudah meresmikan pabrik kopi milik PT Citra Kopi Bengkulu yang berada di Bengkulu Tengah. Pabrik ini mampu mengolah dengan kapasitas 10 ton per jam. Berdirinya pabrik pengolahan kopi itu, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani bahkan menaikkan neraca ekspor.

"Komitmen pemerintah terus meingkatkan investasi. Kini satu pabrik kopi siap beroperasi, bahkan menargetkan April bisa ekspor. Gerbang ekspornya kita siapkan melalui Pelabuhan Pulau Baai. Intinya, kita berharap beroperasinya pabrik ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bengkulu", kata Rohidin Mersyah beberapa waktu lalu.

l

Makin kuat strategi pengenalan kopi Bengkulu, Pemprov Bengkulu meluncurkan Bencoolen Rider dan Bencoolen Coffe Mobil di Jakarta pada 6 Februari 2019 lalu. Terbaru, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah temui Gubernur DKI Anis Baswedan dengan misi mengembangkan kerjasama dan pemasaran kopi Bengkulu. Bak gayung bersambut respon baik disampaikan oleh Anis Baswedan, kopi Bengkulu yang dihasilkan oleh petani rakyat, menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, menjadi salah satu konsep yang menjadi daya tarik tersendiri bagi 'Bencoolen Coffee', selain kekhasan citarasa yang diberikan kepada para penikmat dan pecinta kopi.

"Kita akan bangun kerjasama agar kopi rakyat bisa sampai ke Jakarta, karena kopi ini saya rasakan memiliki kualitas bisa dibanggakan di skala internasional. Jadi sudah saatnya jadi tuan rumah di ibu kota", ungkap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balai Kota DKI Jakarta Pusat, (12/03).  

Disisi lain, konsep pemasaran yang dilakukan menurut Anies juga memiliki keunikan sendiri, dengan mengusung Coffee Rider. Terlebih hal ini ibarat dayung bersambut, lantaran Jakarta sebagai salah satu kota yang memiliki pasar kopi yang sangat besar dan permintaan tinggi.

Dijelaskan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, jalinan kerjasama promosi kopi Bengkulu dengan brand utama Bencoolen Coffee ini jelas sangat strategis dan tentunya Jakarta sangat potensial sebagai market kopi masyarakat Bumi Rafflesia tersebut.

"Optimis kopi yang dihasilkan dari perkebunan rakyat ini tentu akan terpasarkan secara luas, sehingga ada penambahan nilai yang berdampak pada kesejahteraan petani kopi", jelas Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah. (**)

Related News

B

 

Caleg
Herliardo

 

Benny
Usin