Plt Walikota Tanjung Pinang Rahma : "Idul Adha Momentum Berqurban dan Berbagi"

Jumat, 31/07/2020 - 23:17
Plt. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP saat melaksanakan sholat Ied
Plt. Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma S.IP saat melaksanakan sholat Ied

Klikwarta.com, Tanjungpinang - Hari Raya Idul Adha 1441 H di Kota Tanjungpinang dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan. Hal ini dikarenakan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun demikian, tidak menyurutkan semangat masyarakat untuk melaksanakan ibadah sholat Ied di berbagai tempat, terutama di Lapangan Pamedan A. Yani serra di mesjid dan mushalla se-Kota Tanjungpinang, Jumat (31/7).

Saat ditemui usai melaksanakan sholat Ied, Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, S.IP mengucapkan selamat dan terima kasih kepada masyarakat yang telah mematuhi protokol kesehatan saat melaksanakan sholat ied. "Atas nama Pemko Tanjungpinang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha, saya juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mematuhi protokol kesehatan untuk melaksanakan sholat ied, semoga kita semua mendapat perlindungan dan keberkahan dari Allah SWT," ucapnya.

Rahma juga berharap kepada seluruh panitia dan masyarakat yang melaksanakan ibadah qurban juga tetap mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan menjaga kebersihan diri. "Penyembelihan qurban juga harus mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, tidak berkerumun, bila perlu jangan ada yang menonton prosesi penyembelihan, cukup yang berqurban saja," ungkap Rahma.

p

Melalui momentum Idul Adha ini, Rahma juga mengharapkan dapat dimanfaatkan dengan ajang silaturahmi dan berbagi. "Meski ditengah pandemi, jangan putuskan silaturahmi, sekalipun tidak berjabat tangan atau saling berkunjung tapi dapat dilakukan secara virtual atau jarak jauh, juga dimanfaatkan untuk momen saling berbagi kepada sesama, agar nilai ibadah kita dapat diterima oleh Allah SWT," pungkasnya.

Dalam khutbah Idul Adha yang disampaikan oleh Drs. H. Handarlin Umar menyampaikan, Idul Adha adalah momentum penuh nilai dan syarat makna. Menurutnya, ada dua hal yang menyertai hal ini yakni haji dan kurban. 

Namun karena kini sedang Pandemi Covid-19, keduanya dilaksanakan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

"Cobaan ini jangan menurunkan semangat beragama, dalam menjalankan fungsi khalifah dan pengabdian kepada Allah, disamping ada hikmahnya, suasana ini mari jadikan ajang muhasabah diri," ajak Handarlin.

Sembari berusaha menekan penyebaran Covid-19 dengan menjalani protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah. Ia mengatakan cobaan maupun musibah akan selalu diikuti dengan pertolongan Allah.

"Kita sadari apa yang kita rencanakan tanpa ada pertolongan Allah akan sia-sia," imbuhnya.

Pada pelaksanaan Shalat Idul Adha di Lapangan Pamedan A. Yani berjalan dengan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan.  Panitia siaga yang terdiri dari Tenaga Medis, Dinas Perhubungan dan BPBD Kota Tanjungpinang berdiri di setiap pintu masuk lapangan dengan mengecek suhu tubuh dan memberikan hand sanitizer kepada jamaah yang masuk.

Bertindak sebagai imam shalat, Ustadz H. Sutan Muhammad Isa, MA sedangkan bilal yakni Ustadz Doni Rahman, S.Sos.I. Tampak hadir dan mengikuti shalat Idul Adha, Anggota DPRD Provinsi Kepri yang juga Mantan Walikota Tanjungpinang, H. Lis Darmansyah, SH, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad S, Pimpinan OPD Kota Tanjungpinang dan elemen masyarakat. 

Usai melaksanakan sholat ied, Rahma langsung meninjau pelaksanaan penyembelihan hewan qurban bersama Sekda Kota Tanjungpinang, Teguh Ahmad S, Ketua ICMI Orda Tanjungpinang, DR. H. Lamidi, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, H. Irwan, S.Sos, MM dan Pengurus ICMI Kota Tanjungpinang ke Sungai Nyirih, Kelurahan Kampung Bugis. (SURYA)

Related News

Loading...

pers

loading...