Proses Renovasi Baitul Izzah Berlanjut, Tahun 2020 Dipastikan Selesai

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meninjau Pembangunan Masjid Raya Baitul Izzah
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meninjau Pembangunan Masjid Raya Baitul Izzah

Klikwarta.com - Proses renovasi Masjid Raya Baitul Izzah masih berjalan, pada beberapa titik masih dilakukan penataan ruang dan dipastikan semua akan selesai pada tahun 2020.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menjelaskan proses pembangunan dilaksanakan dalam tiga tahap, tahap awal (2018) telah dilakukan pembangunan pada beberapa titik termasuk plafon, dinding, dan menara masjid. Pada tahap selanjutnya (2019) akan dibangun penataan taman dan lahan parkir, kemudian tahap ketiga (2020) merupakan finishing.

"Pembangunan dilakukan beberapa tahap, hingga selesai nanti pada 2020, Baitul Izzah akan diperluas pada sisi samping dan diserasikan dengan bangunan Islamic Center," ujar Rohidin dalam pertemuan di Baitul Izzah, Rabu, (2/1).

Ia menuturkan Gedung Islamic Center tidak lagi dimanfaatkan untuk acara resepsi pernikahan, namun masih dapat digunakan untuk kegiatan keagamaan, seperti lomba hafidz, pesantren kilat dan sebagainya. Kedepan Kantor Dinas Pertanian akan dipindah karena lahannya akan dibangun sekolah, lokasi parkir dan jalan masuk masjid.

"Penyewaan gedung yang menjadi sumber penghasilan masjid, jangan lagi dilakukan. Pada 2019 biaya operasional masjid akan dibiayai APBD. Begitupaun, Area gedung akan diperluas, sisi kanan masjid akan dibangun lokasi parkir dan Sekolah," tutur Gubernur.

Ketua Pengurus Masjid Raya Baitul Izzah Fauzan Djamil mengatakan kami sangat bersyukur dengan pembiayaan operasional dan pemeliharaan masjid ditanggung oleh pemerintah, selama ini seluruh biaya menjadi tanggung jawab pengurus.

“Kami berterimakasih atas kebijakan Gubernur, dengan begini pengurus bisa lega. Nanti akan disusun berapa anggaran yang dibutuhkan dan kemudian disampaikan ke Biro Kesra," ungkapnya. (Dimas-MC)

Related News