​TMMD Tegal Membawa Dampak Luar Biasa Dalam Pembangunan Desa

Rabu, 17/07/2019 - 20:23
Jalur lintas warga Desa Jatimulya usai diperbaiki satgas TMMD Tegal
Jalur lintas warga Desa Jatimulya usai diperbaiki satgas TMMD Tegal

Klikwarta.com, Tegal - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, benar-benar membawa dampak luar biasa bagi warga Desa Jatimulya Kecamatan Suradadi Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, dalam banyak hal. 

Tidak hanya sekedar memperlancar arus transportasi antar pedukuhan saja, melainkan juga mendongkrak perekonomian masyarakat setempat maupun sekitarnya. Pengaspalan jalan sepanjang 1,1 kilometer yang cepat dalam waktu 15 hari sejak Pra TMMD (26/6) hingga pembukaan TMMD (11/7), namun berkualitas, sempat membuat bingung Kades Jatimulya, Ahmad Zaeni (49). 

Bahkan Kepala Desa Jatimulya mengakui keberadaan TMMD didesanya memiliki dampak yang sangat luar biasa dalam pembangunan, selain meningkatkan perekonomian, program TMMD juga mencerdaskan masyarakat desa.ujarnya Rabu (17/7/2019). 

Sementara  Danramil 05 Suradadi, Kapten Infanteri Jamaludin Abbas menyampaikan bahwa, akses yang telah dibangun anggota jajaran Kodim bersama masyarakat dalam tahap Pra TMMD tersebut, benar-benar multifungsi. Selain harga tanah yang dilewati jalan akan bertambah, juga utamanya tentu lebih menekan biaya transportasi masyarakat maupun produksi pertanian sebagai akses baru pengangkutan hasil bumi dari sawah ke rumah, kota/pasar.

“Kedepan, penjual jasa cuci motor, bengkel dan sorum motor akan laku, pun dengan para pedagang keliling akan mulai masuk desa sampai ke pelosok,” ucapnya menambahkan statement Kades. (***)

TMMD

 

Related News