UMKM Award 2024, Apresiasi Pemprov Kepada Pelaku UMKM Babel

Rabu, 10/07/2024 - 21:25
Pemprov Babel Beri Apresiasi UMKM Award 2024 /Foto : Dina
Pemprov Babel Beri Apresiasi UMKM Award 2024 /Foto : Dina

Klikwarta.com, Pangkalpinang - Sebagai bentuk perhatian kepada para pelaku Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Penjabat (Pj) Gubernur Safrizal ZA sampaikan penghargaan secara langsung kepada para pelaku usaha terpilih pada acara UMKM Award 2024 di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Rabu (10/7/2024).

Sebanyak 3 wirausaha dan 1 kelembagaan usaha kecil dan mandiri yang dilombakan diantaranya, wirausaha pemula, wirausaha mapan serta wirausaha disabilitas, mendapat apresiasi sebagai pelaku usaha atas kontribusinya mendukung perekonomian rakyat di Babel.

“Ekonomi negara kita masih bisa berdiri. Sektor ekonomi besar saat ini hancur lebur dan jatuh sampai ke titik paling bawah. Namun melalui sektor UMKM, kita setidaknya masih bisa tersenyum, masih bisa makan, masih bisa berproduksi” ujar Safrizal dalam sambutannya.

Oleh karena itu, pembinaan sektor UMKM ini tidak bisa tidak, harus diletakkan di posisi yang prioritas. Tentu saja dengan bahu membahu dan bekerjasama, dengan harapan akan lebih banyak UMKM yang naik kelas.

Lebih lanjut menurutnya, pada sektor ekonomi besar memiliki metodologi sendiri untuk membinanya. Selain UMKM ini sebaiknya jangan diasosiasikan sebagai usaha pertama, atau sebagai awal mula usaha. Dirinya juga berpesan bahwa untuk memulai bisnis tidak harus pada usia remaja, kapanpun bisa untuk berbisnis.

“UMKM ini, dalam definisi saya sendiri, adalah Usaha Mulai Kembangkan Maju. Mulai usaha lalu kembangkan sampai maju” jelas Safrizal.

Dari sekian banyak UMKM yang terdaftar, setidaknya 67 pelaku usaha UMKM yang terpilih dan mendapat penghargaan berdasarkan kategorinya masing- masing serta berhak mendapatkan penghargaan berupa piala, sertifikat hingga sejumlah uang dari Pemerintah Provinsi Kep Babel.

Pj Gubernur Safrizal berharap usaha ini terus bergerak dan berlanjut serta menjadi salah satu motivasi terutama untuk sektor ekonomi di level masyarakat paling bawah.

“Saya yakin, satu langkah kecil kita ini mampu memberikan kontribusi yang besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung” harapnya.

Turut hadir pada kegiatan ini Forkopimda, Bupati/Walikota, Pimpinan Bank Indonesia, Pj Sekda Prov. Kep. Babel, Pj Ketua TP-PKK Prov. Babel Safriati Safrizal, Pimpinan BUMN dan Perbankan serta Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kep. Babel.

Penulis : Aliyah

Related News