Akibat Aktivitas Manusia Mata Air Kali Susumuk Tertimbun Sampah

Sabtu, 10/04/2021 - 16:39
Akibat Aktivitas Manusia Mata Air Kali Susumuk Tertimbun Sampah
Akibat Aktivitas Manusia Mata Air Kali Susumuk Tertimbun Sampah

Klikwarta.com, Maybrat - Sampah di Mata Air Susumuk tertimbun karena kurang kesadaran masyarakat menjaga lingkungan.

Yohosua  Tahrin dari Komunitas Pe"tarung (Pemuda Peduli Tata Ruang) Susumuk, Kamis (08/04/2021) Air adalah salah satu sumber utama penopang kehidupan yang memiliki fungsi yang sangat penting. Sebagian besar penyusun tubuh manusia, hewan, hingga tumbuhan adalah air.

Selain itu masyarakat Susumuk Raya, yang terdiri dari Kampung Susumuk, Frawebo, Sampika, Futon, Martaim dan Tahite menggunakan air untuk kehidupan sehari-hari air selalu diperlukan untuk minum, mandi, memasak, mencuci dan keperluan lainnya.

Enam Kampung ini kebutuhan yang paling penting adalah air karena di enam Kampung ini,sumber airnya terbatas hanya tiga mata air saja Yaitu, Kali Susumuk,Tahite dan Yambau, tetapi kali Susumuk ini berada di dekat kampung,kini mata air tersebut tertimbun sampah.

E

Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah yang tertimbun di mata air Susumuk tersebut berasal dari sampah rumah tangga, terdiri dari sampah Organik dan Anorganik. 

Sampah Organik adalah sampah yang mudah membusuk seperti sisa 
makanan, sayuran, daun-daun kering, dan sebagainya. Sampah ini dapat diolah 
lebih lanjut menjadi kompos.

Sampah Anorganik adalah Sampah Anorganik, yaitu sampah yang tidak mudah membusuk, seperti 
plastik wadah pembungkus makanan, kertas, plastik mainan, botol dan gelas 
minuman, kaleng, kayu dan sebagainya. Sampah ini dapat dijadikan sampah komersil atau sampah yang laku dijual untuk dijadikan produk lainnya. Beberapa 
sampah anorganik yang dapat dijual adalah plastik wadah pembungkus makanan, 
botol dan gelas bekas minuman, kaleng, kaca, dan kertas, baik kertas koran, HVS, maupun karton.Saat musim hujan sampah tersebut dibawa air dan tertimbun pada mata air susumuk.

Lanjut Fredrick Tahrin selaku Pemilik Wilayah, masa di Kampung ini sangat sulit air,tetapi herannya sampah dibuang sembarangan pinggir mata air seperti itu, bukan sebagai umat ciptaan Tuhan harus menjaganya dan merawat, sepuluh dua puluh tahun ke depan kali akan tidak gunakan seperti saat ini karena tertimbun sampah, Sangat di sayangkan kalau anak- anak kita akan mendengar cerita kalau kali Susumuk, ini pernah di pakai untuk masak, mandi, cuci dan minum tetapi kini tertimbun sampah, hal ini disebabkan karena kurangnya kesadaran masyarakat yang membuang sampah secara sembarangan,dan juga debit air akan berkurang, air ini sangat susah terutama warga kampung Susumuk Raya, ditempat lain itu air banyak tetapi di Susumuk ini susah tetapi herannya masyarakat tidak mau menjaga Mata Air dengan baik,kami Himbau kepala Seluruh Warga Masyarakat Susumuk Raya untuk mari kita bersihkan air ini dengan baik

Saya sangat menyesal kondisi Air sangat rusak seperti ini,mari kita menyadari akan sampah yang dibuang,dan buang sampah pada tempatnya jangan di kita buang sembarangan terutama warga masyarakat ada di pinggir mata air Susumuk ini, kalau di buang sembarangan,kami tadi lihat pada saat musim hujan itu air bawa sampah lalu turun ke Mata Air Susumuk ini,hari masyakarat tidak tau kalau mata air Susumuk sudah tercemar,masa kita buang sampah diatas mata air, masyarakat mandi di bawah,nanti masyarakat kena penyakit masyarakat menyalahkan Air tidak bagus padahal yang salah itu kita sendiri karena membuang sampah sembarang diatas mata Air Susumuk .

Saya berharap Masyarakat Enam Kampung yang berada di Susumuk raya segara peduli dan menjaga mata air  Susumuk ini, kalau bukan kita siapa lagi yang peduli terhadap Kali Susumuk ini,

Solusinya yaitu :
-Melakukan Sosialisasi kepada Masyarakat yang berada dekat mata air agar tidak membuang sampah secara sembarangan dan sadar akan lingkungan
-Melakukan pengolahan sampah dengan  baik
-Menyiapkan Tempat  Pembuang Sampah Sampah sebagai tempat pengolahan sampah 
-Jangan Menebang Pohon Yang ada di sekitar Mata Air sembarangan
-Menanam Pohon Kembali di Tempat yang sudah gundul 
-Menjaga hewan peliharaan kita terutama babi karena dalam pengamatan tadi babi ini juga sangat merusak lingkungan.

(Pewarta : Tahrin Imanuel) 

Related News

loading...