Babinsa Berharap Perlunya Sinergi, Integrasi dan Koordinasi Semua Pihak dalam Penanganan Stunting di Wilayah 

Rabu, 21/09/2022 - 16:14
Babinsa Koramil 1016-08/Kahut Serda Heriansyah saat menghadiri pertemuan lintas sektor dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting diwilayah.
Babinsa Koramil 1016-08/Kahut Serda Heriansyah saat menghadiri pertemuan lintas sektor dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting diwilayah.

Klikwarta.com, Gunung Mas - Babinsa Koramil 1016-08/Kahut Serda Heriansyah menghadiri pertemuan lintas sektor dalam rangka pencegahan dan penurunan stunting diwilayah. Kegiatan yang melibatkan 4 pilar hingga multisektor tersebut digelar diwilayah binaan setempat. Adapun tujuannya yaitu mencapai zero stunting di Kelurahan Tumbang Miri, Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Kabupaten Gunung Mas, Rabu 21 September 2022. 

Camat Kahut Effendi W. Rasa dalam sambutannya menyampaikan bahwa berdasarkan Peraturan Bupati No 17 Tahun 2021 tentang peran desa dalam percepatan, pencegahan stunting di Kabupaten  Gunung Mas, melalui kegiatan Rembuk Stunting Desa, akan  bisa menghasilkan program-program  yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti. 

Lanjutnya, rembuk stunting tahun 2022 ini merupakan kelanjutan dari rembuk stunting 2021 yang lalu, akan pentingnya air bersih untuk di desa wilayah kecamatan kahut. 

"Pencegahan stunting dapat mulai dilakukan dengan memastikan kesehatan yang baik dan gizi bagi bayi yang cukup pada 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), anak-anak harus memperoleh pelayanan kesehatan, gizi, air minum dan sanitasi, pendidikan yang layak, serta perlindungan sosial. seluruh kebutuhan itu dapat dipenuhi dengan dukungan dari lintas sektor terkait melalui program yang sudah berjalan.” ucap Camat. 

Sementara itu Babinsa Koramil 1016-08/Kahut Serda Heriansyah menambahkan, Penanganan stunting atau gagal tumbuh pada anak tidak hanya masalah kesehatan saja, namun juga membutuhkan tanggung jawab dari semua pihak. 

“Melalui pertemuan ini diharapkan nantinya dapat menghasilkan sinergi, integrasi, dan koordinasi pelaksanaan program dan kegiatan terkait pencegahan dan penanganan stunting secara terinci dan terukur,” tuturnya. 

"Pada kesempatan tersebut Babinsa menjelaskan akan membantu setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh bidan desa atau petugas puskesmas setempat, karena dalam hal stunting ini selaku Babinsa juga di minta melaporkan datanya ke Staf Teritorial Kodim 1016 Palangka Raya sebagai wujud kepedulian lintas sekor kita bersama.” tutup Serda Heriansyah. (Pendim 1016/Plk)

Related News