Bawaslu Karanganyar Gelar Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024

Senin, 27/11/2023 - 20:43
Pelepasan balon ke udara menandai penutupan acara apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024, di Alun-Alun Karanganyar pada Senin (27/11/2023) sore.
Pelepasan balon ke udara menandai penutupan acara apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024, di Alun-Alun Karanganyar pada Senin (27/11/2023) sore.

Klikwarta.com, Karanganyar - Menjelang dimulainya tahapan kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Karanganyar menggelar apel siaga di Alun-Alun Karanganyar pada Senin (27/11/3023) sore.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Karanganyar Nuning Ritwanita Priliastuti, berpesan  kepada jajarannya agar mempersiapkan diri secara fisik dan mental. Dia pun menekankan pentingnya pelaksanaan tugas dan fungsi pengawas dengan benar dan efektif, juga meningkatkan koordinasi serta komunikasi dengan stakeholder lainnya.

"Dengan demikian, maka peran dan fungsi pengawas kampanye diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam menciptakan pemilu yang bersih, jujur, dan adil, sehingga tidak menciderai kepercayaan publik kepada Bawaslu," jelasnya.

Dia juga memberikan pesan supaya para ASN, kepala desa, anggota TNI maupun Polri tetap menjaga netralitas dalam pelaksanaan tahapan kampanye Pemilu 2024 ini.

Menurut Nuning, Kabupaten Karanganyar memiliki indeks kerawanan yang cenderung rendah. Meski demikian, pihaknya tetap akan melakukan upaya pencegahan agar jangan sampai terjadi pelanggaran aturan kampanye. di antaranya dengan memberikan imbauan baik kepada peserta pemilu, maupun penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU.

"Ini menjadi kiat kami untuk melakukan pencegahan atau meminimalisir adanya pelanggaran aturan kampanye.
Tahapan kampanye yang hanya 75 hari ini, merupakan tahapan yang paling krusial. Sehingga, jajaran Bawaslu harus benar-benar memiliki integritas, bisa mengawasi dan menjaga netralitas. Ketika kita bekerja sesuai regulasi, maka tentunya berbagai tekanan akan bisa diatasi," ujarnya.

Sebagai informasi, apel siaga pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024 yang mengusung tema Dari Bumi Intanpari, Salam Damai untuk Indonesia ini, turut dihadiri Bupati Karanganyar Rober Christanto, Ketua KPU Karanganyar Triastuti Suryandari, serta sejumlah pejabat jajaran Forkopimda setempat.

Pewarta : Kacuk Legowo

Related News