Bengkulu Maksimalkan Potensi Wisata 

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat di Camping Ground Danau Tes
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat di Camping Ground Danau Tes

Klikwarta.com - Visit Wonderful Bengkulu 2020 merupakan satu dari lima Program Prioritas Pemerintah Provinsi Bengkulu. Destinasi wisata Provinsi Bengkulu saat ini yang kaya akan sejarah dan kebudayaan tentu harus dimaksimalkan dengan baik, dengan memperkenalkan destinasi wisata yang ada kepada wisatawan tingkat lokal, nasional hingga mancanegera.

Provinsi Bengkulu sendiri saat ini telah mengusulkan kepada pemerintah pusat mengenai Even Destinasi wisata yang bertaraf Nasional bahkan Internasional. Diharapkan destinasi wisata Bengkulu masuk TOP 100 Destinasi wisata tingkat Nasional. 

Seperti diketahui, baru Festival Tabut yang berhasil memasuki TOP 100 destinasi wisata tingkat Nasional. Melihat potensi ini, Pemerintah Provinsi Bengkulu kembali mengusulkan Fetival Bumi Raflesia, Festival Pesisir Pantai Panjang, Karnaval Batik Besurek dan Pekan Budaya EXPO Rejang Lebong untuk bisa menjadi Wisata bertaraf Nasional. 

Sekretaris Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu Januar Jumalinsyah mengatakan untuk mengajukan event destinasi wisata bertaraf Nasional, maka event tersebut harus sedikitnya sudah dilaksanakan selama empat tahun berturut-turut baru bisa diajukan kepada pemerintah pusat. 

"Seperti festival tabut kemarin sudah masuk TOP 100 dan viral maka sudah bisa diajukan untuk menjadi event Nasional", kata Januar.

Januar menambahkan, bila event-event tersebut sudah menjadi event bertaraf Nasional maka pemerintah pusat tidak serta-merta langsung memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai, tetapi pemerintah pusat akan memberikan fasilitas promosi di berbagai media baik cetak dan elektronik dengan sumber dari APBN. 

"Yang jelas Pemerintah Pusat akan memberikan bantuan bukan dalam bentuk uang tunai, melainkan bantuan dalam bentuk promosi, kaos dan lain-lain sesuai dengan koordinasi dari Pemerintah Daerah sendiri", tambah Januar.

Sementara itu Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu Hj. Yuliswani, SE MM mengatakan Pemerintah Provinsi Bengkulu telah menetapkan pariwisata sebagai salah satu sektor yang akan dikembangkan. Bahwa pariwisata Bengkulu akan menjadi sektor unggulan dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah serta masyarakat. Hal itu, jelas tidak lepas dari tingginya potensi pariwisata di Bengkulu. Salah satu provinsi yang ada di Pulau Sumatera ini memiliki kekayaan alam yang indah serta budaya yang tinggi.

"Karena itu Pemprov telah menetapkan program Visit 2020 Wonderful Bengkulu yang akan menjadi goal besarnya pariwisata Bengkulu", ujar Yuliswani.

Menempatkan pariwisata sebagai sektor prioritas merupakan rencana pembangunan daerah yang sangat strategis. Pariwisata dapat memberikan perubahan untuk menstimulasi dan memberikan nilai tambah terhadap pertumbuhan di sektor lain.

“Pariwisata diharapkan mampu menjadi kekuatan pengungkit dan lokomotif dalam menggerakkan pertumbuhan ekonomi daerah secara signifikan,” jelas Asisten II Yuliswani. (Ferdi)

Related News