BNN RI Study Visit Pusat Laboratorium Forensik Narkotika USA

Sabtu, 25/05/2024 - 20:06
Kepala BNN RI Marthinus Hukom saat menerima cenderamata
Kepala BNN RI Marthinus Hukom saat menerima cenderamata

Klikwarta.com, El Paso, 25 Mei 2024 - Dalam rangkaian agenda kunjungan kerjanya di Amerika Serikat, Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si., beserta jajaran meninjau salah satu fasilitas laboratorium Drug Enforcement Administration (DEA), Special Testing and Research Laboratory (STRL), pada Jumat (17/5).

STRL merupakan pusat pengujian dan penelitian forensik yang memainkan peran penting dalam menghasilkan informasi intelijen yang dibutuhkan oleh DEA dan para pembuat kebijakan di Amerika Serikat. 

Laboratorium milik DEA tersebut melakukan penelitian mendalam dan analisis terhadap zat-zat yang dikendalikan, termasuk dari sumber-sumber internasional serta tanda-tanda alat dan logo pada obat-obatan dan kemasannya. Hasil penelitian dan analisis STRL kemudian digunakan sebagai informasi intelijen strategis untuk mengetahui metode pemrosesan, asal geografis, dan produsen narkotika seperti heroin, kokain, dan metamfetamin.

Melalui study visit ini BNN berharap dapat menambah wawasan dan pengetahuan yang dapat diterapkan di Pusat Laboratorium Narkotika BNN sebagai upaya peningkatan pelayanan dan pengembangan kapasitas kelembagaan dalam menghadapi tantangan kejahatan narkotika yang kian berkembang.

(Kontributor: Arif)

Tags

Related News