Bupati Blitar Serahkan Penghargaan ke Desa-desanya dari Pemerintah Pusat

Rabu, 22/05/2024 - 07:38
Bupati Blitar Rini Syarifah Didampingi Jajarannya Seusai Menyerahkan Penghargaan dari Kemendes PDTT untuk Desa-desa di Kabupaten Blitar
Bupati Blitar Rini Syarifah Didampingi Jajarannya Seusai Menyerahkan Penghargaan dari Kemendes PDTT untuk Desa-desa di Kabupaten Blitar

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah menyerahkan piagam penghargaan kepada sejumlah desa yang dinilai berprestasi oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia (RI).

Penghargaan dari Kemendes PDTT ini diserahkan Bupati Rini pada Senin (20/5/2024), di ruang rapat Candi Simping.

Bupati Rini mengungkapkan, apresiasi ini diberikan kepada seluruh pemerintah desa atas komitmen dan kerja kerasnya dalam melaksanakan pembangunan untuk masyarakat desa. Sehingga, atas perjuangannya Desa-desanya ini mendapatkan penghargaan dari Kemendes PDTT sebagai desa mandiri.

"Saya juga mengucapkan selamat bagi desa yang mendapatkan penghargaan dari Kemendesa PDTT sebagai desa mandiri. Semoga capaian positif yang telah ditorehkan ini menjadi pelecut semangat untuk terus membangun desa, agar desa benar-benar mandiri dari berbagai sisi dan masyarakatnya sejahtera," kata bupati.

Dikatakannya, hasil pembangunan desa dapat diukur dengan Indeks Desa Membangun (IDM), yang dimutakhirkan setiap tahunnya untuk memotret perkembangan desa se-Indonesia. Berdasarkan data IDM, capaian pembangunan desa di Kabupaten Blitar menunjukkan kemajuan yang signifikan.

"Pada tahun 2021, terdapat 10 Desa Mandiri, 153 Desa Maju, dan 57 Desa Berkembang. Angka ini meningkat menjadi 42 Desa Mandiri, 159 Desa Maju, dan 19 Desa Berkembang di tahun 2022. Dan pada tahun 2023, kita berhasil mencapai 64 Desa Mandiri, 152 Desa Maju, dan tersisa 4 Desa Berkembang," urai Bupati Blitar Rini Syarifah.

"Artinya, dalam kurun waktu dua tahun, terdapat 54 desa yang naik status menjadi Desa Mandiri, dan 53 desa yang berhasil naik status dari Desa Berkembang menjadi Desa Maju. Dan Alhamdulillah sudah tidak ada lagi desa tertinggal di Kabupaten Blitar," sambung dia.

Rini mengatakan capaian yang didapat ini luar biasa dan patut disyukuri. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan Dana Desa oleh Pemerintah Desa untuk kebutuhan pembangunan desa telah tepat sasaran.

(Pewarta : Faisal NR)

Related News