Cegah Covid-19, MUI Raja Ampat Imbau Penundaan Shalat Jumat Sementara

Jumat, 27/03/2020 - 13:40
Salah satu masjid di Waisai
Salah satu masjid di Waisai

Klikwarta.com, Raja Ampat, Papua Barat - Untuk mencegah Covid-19 MUI Raja Ampat mengimbau Kepada Ummat Islam di Kota Waisai Kabupaten Raja Ampat untuk menunda Shalat Jum’at terhitung pada hari ini 27 Maret sampai 10 April 2020. 

Maklumat/imbauan ini di buat berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Pusat No 14 Tahun 2020, Tentang Penyelenggaraan Ibadah dalam situasi terjadi Wabah Covid-19, Surat Edaran Gubernur Papua Barat Nomor 860/601/2020 Tentang pencegahan Penyebaran Virus disease 2019  ( Covid-19) di Wilayah Provinsi Papua Barat, Surat Edaran Bupati Raja Ampat Nomor :440/091/ SETDA.

Hal ini di perjelas lagi oleh Ketua  Majelis Ulama Indonesian (MUI) Raja Ampat H. Abubakar Lodji S,Ag di Waisai, Jum’at (27/03/2020).

“Saat ini sudah warning bahwa Virus ini sangat membahayakan, dan Agama itu juga lebih mengutamakan keselamatan manusia”, ucapnya.

Dia juga Menambahkan ada tiga hal yang harus kita lihat secara utuh, iman, Ilmu dan akal. Kita jangan hanya berdebat pada Iman tapi harus berbarengan dengan Ilmu dan akal

“Sehingga jangan seakan-akan tidak berjamah itu menyalahi hukum”, jelasnya. 

Ketua MUI Raja Ampat juga menuturkan, tidak  shalat Jum’at di mesjid itu karena Pertimbangan dispen, menjaga jarak, dan ikhtiar.

“Untuk  sementara kita melihat ini karena Wabah, secara ilmu kita tidak punya kemampuan secara kasat mata dan alat untuk bisa mendeteksi itu sehingga Ikhtiar yang harus di kedepankan”, ungkapnya.

Dia juga menjelaskan, begitu dahsyatnya serangan virus ini sehingga kalau satu terlepas dari kontrol dispens itu maka akan memudhoratkan satu wilayah.

“Jadi ditunda sementara dulu dan diganti dengan shalat Zuhur di rumah masing-masing serta harus banyak ber’ doa, berbuat baik, banyak bersedekah, dan yang lainnya”, tutupnya. (Pewarta : Mustajib)

rr

Related News

Loading...

pers

loading...