Dinas ESDM Diminta Fokus Tindaklanjuti MoU dan MoA BPH Migas

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memimpin apel pagi di halaman Dinas ESDM Provinsi Bengkulu
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat memimpin apel pagi di halaman Dinas ESDM Provinsi Bengkulu
Kominfo Mukomuko
Polda-SMSI Bengkulu.
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menegaskan kepada Kepala dan seluruh jajaran Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, lebih fokus dalam pengawasan dan penataan atas pengelolaan sektor pertambangan di wilayah Bengkulu. Pasalnya, hingga saat ini Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor ini masih belum maksimal.

“Jelas perlu kita fokuskan terkait pengelolaan, penataan bahkan penertiban tambang ini. Sehingga jangan sampai muncul keluhan dan persoalan baru, baik yang berhubungan dengan PAD dan juga polemik terhadap masyarakat sekitar lokasi pertambangan,” terang Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai memimpin Apel Pagi dan Peresmian Mushollah Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Jum’at (07/12).

Lanjut Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, yang perlu dilakukan untuk mengelola hingga menertibkan pertambangan ini, yakni mulai dari penyisiran dan pemetaan data menyeluruh terhadap izin hingga pemilik dan eksistensi pihak tambang terhadap PAD dan sosial kemasyarakatannya.

“Sehingga dimasing-masing bidang itu terpetakan betul permasalahan di setiap kabupaten,” imbuhnya.

Baru kemudian tambah Rohidin Mersyah, memetakan besaran manfaat yang bisa didapatkan masyarakat secara keseluruhan dan kepada Pemprov Bengkulu selaku pengelola utama terkait kontribusi pihak tambang terhadap pembangunan daerah.

“Ini jelas ya, jangan sampai pihak lain sudah memanfaatkan alam Bengkulu, tapi ternyata masyarakat dalam konteks ini pemerintah selaku pengelola tidak mendapatkan hasil yang optimal,” pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala ESDM Provinsi Bengkulu Ahyan Endu mengatakan, pihaknya siap untuk menindaklanjuti apa yang diarahkan Plt Gubernur Bengkulu. Selain pendataan dan penertiban pertambangan, pihaknya saat ini juga tengah mempersiapkan eksplorasi panas bumi yang berpotensi dikelola di kawasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kepahiang.

“Apa yang diarahkan Pak Gubernur akan kita tindak lanjuti dan kita realisasikan. Saat ini kami juga tengah menyiapkan terkait eksplorasi panas bumi dan gas alam,” jelasnya. (Rian-MC) 

Dibaca: 12 kali

Related News