DPRD Dorong Pemkab Blitar Segera Beri Solusi Kejelasan Pembangunan Pasar Kesamben

Senin, 27/11/2023 - 11:02
Pasar Kesamben Kabupaten Blitar Setelah Terbakar Tahun 2022 (Foto : Ist.)
Pasar Kesamben Kabupaten Blitar Setelah Terbakar Tahun 2022 (Foto : Ist.)

Klikwarta.com, Kabupaten Blitar - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Blitar mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar segera mencari dan mendapatkan solusi untuk kepastian pembangunan Pasar Kesamben. 

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Blitar Mujib mengatakan, pemerintah daerah semestinya harus mencarikan solusi terhadap kejelasan pembagunan Pasar Kesamben. Menurutnya, Pasar Kesamben merupakan pasar besar sehingga akan sulit merealisasikan pembangunan jika penganggarannya lemah.

"Pemkab Blitar hanya menganggarkan Rp 3 miliyar untuk pembangunan Pasar Kesamben. Maka kita tolak karena alokasinya tidak layak. Sehingga kami mendesak pemkab untuk segera mencari alternatif pendanaan lain untuk pembangunan Pasar Kesamben," tandas Mujib, Senin (27/11/2023).

"Pasar Kesamben itu pasar besar, sementara Pemkab hanya menganggarkan Rp 3 Miliiar. Kami tolak, karena tidak akan cukup. Makanya kami minta Pemkab untuk segera cari pendanaan lain, karena itu menyangkut kepentingan banyak orang," sambung dia.

Diberitakan sebelumnya, pembangunan Pasar Kesamben sebetulnya sudah disiapkan dibangun tahun ini dengan bantuan pemerintah pusat melalui usulan Komisi 5 DPR RI hasil koordinasi dari Rahmat Santoso yang waktu itu masih menjabat Wakil Bupati Blitar. 

Namun proses finalisasi pembangunan Pasar Kesamben menjadi berantakan semenjak Rahmat Santoso undur diri dari jabatannya sebagai Wakil Bupati Blitar yang berujung dibatalkannya pembangunan Pasar Kesamben. Informasi yang dihimpun Klikwarta.com, ini terjadi diakibatkan tidak adanya upaya lanjutan komunikasi dan pengawalan oleh Pemkab Blitar bersama pemerintah pusat dalam rangka mewujudkan pembangunan kembali Pasar Kesamben setelah terbakar pada tahun 2022.

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News