Faktor Keamanan, Kesehatan dan Permintaan keluarga, Ridwan Mukti dan Istri Dipindahkan

Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ilham Djaya saat melakukan Konferensi Pers
Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Bengkulu Ilham Djaya saat melakukan Konferensi Pers
Kominfo Mukomuko
Polda-SMSI Bengkulu.
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Gubernur Bengkulu nonaktif Ridwan Mukti dipindahkan ke Lapas Sukamiskin dan istrinya Lily Martiani Maddari dipindahkan ke Lapas Perempuan Tanggerang. 

Rujukan pemindahan kedua napi tersebut berdasarkan Surat Direktur Jendral Permasyarakatan Nomor : PAS.PK.01.05.08-847 tanggal 27 November 2018 perihal persetujuan izin pemindahan narapidana an. Ridwan Mukti dan Lily Martiani Maddari dan Surat Kepala Kantor Wilayah kementerian Hukum dan Ham Bengkulu Nomor : W8.PK.01.01.02-307 tanggal 30 November 2018 perihal pemindahan narapidana an. Ridwan Mukti dan Lily Martiani Maddari.

Berikut kronologi pelaksanaan pemindahan kedua narapidana :

Pertama pemindahan kedua narapidana dilaksanakan pada tanggal 1 Desembar 2018, berangkat dari Rumah Tahanan Negara Bengkulu dan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Bengkulu pada pukul 04.00 WIB pagi menuju Bandara Fatmawati Suekarno Bengkulu.

Proses pengawalan kedua narapidana 

Pengawalan narapidana an Ridwan Mukti dari Rumah Tahanan Negara Bengkulu dengan pengawalan 2 orang petugas Polda Bengkulu dan 2 orang petugas Rutan Bengkulu menuju Lapas Sukamiskin Jawa Barat. Narapidana an Lily Martiani Maddari dari Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Bengkulu ke Lapas Perempuan Tanggerang dengan pengawalan 2 orang Polwan dai Polda Bengkulu dan 2 orang petugas lapas Perempuan Bengkulu menuju Lapas Perempuan Tanggerang.

Proses pemberangkatan kedua Narapidana

Kedua Narapidana di berangkatkan pada pukul 06.10 WIB pagi, dari Bandara Fatmawati Suekarno Bengkulu dengan pesawat Lion Air dan tiba di Bandara Suekarno Hatta pada pukul 07.15 WIB. Kemudian dilanjutkan perjalanan menuju Lapas Perempuan Tanggerang dan Lapas Sukamiskin Bandung.

Narapidana an Lily Martiani Maddari diserah terimakan ke Lapas Perempuan Tanggerang pada pukul 09.00 WIB, sedangkan narapidana an Ridwan Mukti diserah terimakan ke Lapas Sukamiskin Bandung pada pukul 15.05 WIB. 

Kepala Kantor wilayah Kemenkumham Provinsi Bengkulu, Ilham Djaya mengatakan pemindahan kedua narapidana tersebut merupakan permintaan dari keluarga napi, faktor keamanan, kesehatan dan pembinaan juga menjadi rujukan pemindahan kedua narapidanan tersebut. 

"Pemindahan sendiri merupakan permintaan dari pihak keluarga narapidana, tentunya dengan melihat dari beberapa aspek dan pertimbangan. Untuk narapidana Lily sendiri, keluarga intinya ada di Jakarta jadi pemindahan tersebut berdasarkan permintaan keluarga", ujarnya saat melakukan konferensi Pers dikantor Kemenkumham Provinisi Bengkulu Senin, (3/12). (Bisri)

Dibaca: 24 kali

Related News