Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum PPAL Serentak Melakukan Kunjungan Sosial

Selasa, 26/04/2022 - 19:58
Ketum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi  Sukma Adji kunjungi purnawirawan dan warakawuri TNI AL
Ketum PPAL Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji kunjungi purnawirawan dan warakawuri TNI AL

Klikwarta.com, Surabaya - Dalam bulan suci Ramadhan, Ketua Umum Persatuan Purnawirawan Angkatan Laut (PPAL) Laksamana TNI (Purn) Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. kembali melakukan kunjungan sosial dan bersilaturahmi bersama seluruh Rayon Wilayah V Surabaya di Gedung PPAL Wilayah V, Surabaya (25/04/2022). 

Acara tersebut tidak saja dihadiri oleh pengurus dan anggota PPAL Surabaya, tetapi juga dihadiri oleh Rayon wilayah di Jawa Timur. Kehadiran Ketua Umum PPAL yang didampingi Kabid Sosial II, Laksma TNI (Purn) Nora Lelyana dan Ketua PPAL Wil V Surabaya, Laksda TNI (Purn) Sudaryanto, mendapatkan perhatian yang sangat antusias dari para purnawirawan dan warakawuri. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum PPAL selain memberikan pengarahan juga menyerahkan tali asih dan bantuan sembako kepada para purnawirawan dan warakawuri.

.

Sementara itu dalam kesempatan yang bersamaan, Wakil Ketua Umum PPAL, Laksdya TNI (Purn) Budhi Hardjo melakukan kegiatan serupa di PPAL Rayon Jonggol, Bogor, Jawa Barat. Cuaca panas tidak menyurutkan semangat pengurus dan anggota PPAL Rayon Jonggol untuk hadir pada acara silaturahmi yang berlangsung di "Rumah Kita" Markas PPAL Jonggol. Kegiatan sosial berlangsung dengan penuh kekeluargaan. Para purnawirawan dan warakawuri yang mengenakan batik PPAL terlihat gembira bertemu pimpinannya.

Dalam sambutannya, Waketum PPAL menyampaikan pesan Ketum PPAL untuk menyamakan persepsi bahwa PPAL merupakan organisasi masyarakat yang bersifat sosial. Keberadaan PPAL di seluruh Indonesia adalah untuk melayani dan mendukung purnawirawan TNI AL. Hingga kini, PPAL memang belum bisa memberikan kesejahteraan kepada para purnawirawan. Namun demikian, PPAL yang merupakan "Rumah Gagasan", "Rumah Solusi", dan "Rumah Bersama" diharapkan bisa memberikan uluran tangan kepada para purnawirawan dan warakawuri. Waketum PPAL memberikan penghargaan kepada PPAL Rayon Jonggol yang banyak melakukan kegiatan untuk menyejahterakan anggotanya.

Ketua PPAL Rayon Jonggol Serma Purn H Sutrisno dalam sambutannya mengemukakan bahwa seluruh pengurus dan anggota PPAL Rayon Jonggol sangat senang menyambut kunjungan sosial Waketum PPAL. Silaturahmi dan sambung rasa itu memang sangat diharapkan oleh Pengurus dan Anggota PPAL Rayon Jonggol. 

"Tahun 2019, gedung yang saat ini digunakan sebagai markas PPAL Rayon Jonggol baru terwujud. Dan hingga kini sering dimanfaatkan sebagai tempat bersilaturahmi dan berbagai kegiatan sosial lainnya", tandasnya. Disampaikan juga, bahwa PPAL Rayon Jonggol sudah memiliki koperasi yang sangat membantu para anggotanya. "Dengan rasa kebersamaan, kami juga mengelola kebun yang ditanami pisang, singkong, kangkung, terong, bayam, dan bahkan kami juga mengelola kolam ikan. Semuanya itu dikerjakan oleh anggota," jelas Ketua PPAL Rayon Jonggol. Hal lain yang juga menggembirakan adalah PPAL Rayon Jonggol juga bergiat aktif memproduksi keripik pisang yang pemasarannya mencapai Papua dan Kalimantan. Bahkan keripik pisang produksi PPAL Jonggol sudah dikenal di arena pameran tingkat nasional.

Pada kesempatan itu Waketum PPAL juga menyerahkan plakat, tali asih dan bantuan sembako dari Ketum PPAL kepada perwakilan purnawirawan. Sedangkan Wakil Ketua PIPAL (Paguyuban Istri Purnawirawan Angkatan Laut) Ibu Sri Wuspo Lukito  menyerahkan bingkisan kepada perwakilan warakawuri. Melengkapi kunjungan sosial, Sekjen dan Wasekjen PPAL berkunjung ke Makam Warga TNI AL Wilayah Barat, Jonggol. Kepada petugas pemakaman, diserahkan tali asih, bantuan sembako dan bantuan beberapa kaleng cat untuk perbaikan fasilitas makam.

Hadir pada kegiatan di Jonggol, Sekjen PPAL Laksdya TNI Purn Dr. Agus Setiadji, S.A.P., M.A., Wakil Sekjen Laksda TNI Purn Arusukmono Indra Sucahyo, S.E., M.M., Kabid Sosial ll PPAL Laksda TNI (Purn) M. Zaenal, Ketua PPAL Wilayah lll Jakarta Brigjen TNI (Mar) Purn Budiarto Ma'ruf; dari PIPAL hadir Ibu Sendi Lukman Djauw, Ibu Lina Dani Achdani, Ibu Chandra Darbagus, Ibu Yaya Ketut Suardana, dan Ibu Asih Zaenal. (Dispenal)
(Pewarta m@s)

Related News