Maksimalkan Hasil Peternakan, Disnakkan Blitar Manfaatkan Paramedik hingga Sosialisasi Perbup Jasa Medik Veteriner

Kamis, 20/02/2020 - 13:34
Kadisnakkan Pemkab Blitar Adi Andaka (pakai baju warna cokelat) saat menyaksikan penandatanganan pengurus DPC Paravetindo Blitar
Kadisnakkan Pemkab Blitar Adi Andaka (pakai baju warna cokelat) saat menyaksikan penandatanganan pengurus DPC Paravetindo Blitar

Waspada Corona

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus berupaya meningkatkan hasil peternakan di kabupaten Blitar.

Untuk itu, Disnakkan Pemkab Blitar bakal memanfaatkan kompetensi paramedik veteriner inseminator hingga intensifikasi sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 57 Tahun 2019 tentang Pelayanan Jasa Medik Veteriner.

Kepala Disnakkan Pemkab Blitar Adi Andaka menuturkan, terdapat 62 tenaga inseminator dan tenaga paramedik (mantri hewan) 29 orang di kabupaten Blitar. Keseluruhan tenaga kepeternakan ini, kata Adi, diwajibkan memiliki SIPP (Surat Izin Praktek Paramedik). Ini diperlukan sebagai bukti kompetensi untuk melayani peternak menciptakan kesehatan hewan ternak.

"Ini momentum kita pakai supaya ada kolaborasi antara dokter hewan sama paramedik sehingga di lapangan tidak ada permasalahan. Jadi peternak kita akan terbantu dalam meningkatkan hasil peternakannya," jelas Adi Andaka saat dihubungi klikwarta.com di salah satu hotel di kabupaten Blitar, Kamis (20/02/2020).

Terkait sosialisasi Perbup Blitar Nomor 57 Tahun 2019, ia menyebut sebagai formula baru untuk memantapkan para veteriner yang bertugas di kabupaten Blitar benar-benar memiliki kompetensi layak ketika memberikan pelayanan kesehatan hewan melalui bimbingan kepada peternak.

Kepada pengurus Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia (Paravetindo) kabupaten Blitar, Adi berharap supaya segera berkonsolidasi secara internal maupun eksternal. Kemudian dia juga meminta untuk membuat program kerja yang sangat dibutuhkan saat ini oleh kepeternakan di kabupaten Blitar.

"Semoga hasil peternakan di kabupaten Blitar semakin luar biasa," pungkasnya.

Sementara Ketua DPP (Dewan Pimpinan Pusat) Paravetindo (Paramedik Veteriner dan Inseminator Indonesia) Pusat, Susilo, mengapresiasi pelantikan pengurus baru Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Paravetindo Blitar Raya periode 2020-2025 yang baru saja dikukuhkan.

Harapan positif juga diberikan kepada Disnakkan Pemkab Blitar yang telah berupaya mensosialisasikan Perbup Blitar Nomor 57 Tahun 2019 tentang Pelayanan Jasa Medik Veteriner sebagai langkah untuk mengoptimalkan kualitas ternak di kabupaten Blitar.

"Harapan kami program pemerintah sekarang adalah target sekitar empat juta Sapi akseptor. Dan loncatan populasi hewan ternak Sapi, Kerbau dan komoditas andalan bisa tercapai. Prinsipnya untuk pelayanan kesehatan hewan harus maksimal," jelasnya saat dihubungi di ruang dan waktu yang sama.

(Faisal / Kmf / Adv)   

Related News

Loading...
loading...