Satuan Polres Pringsewu Operasi Keselamatan Krakatau 2021

Senin, 19/04/2021 - 14:48
Satuan Polres Pringsewu Operasi Keselamatan Krakatau 2021
Satuan Polres Pringsewu Operasi Keselamatan Krakatau 2021

Klikwarta.com, Pringsewu - Personil satuan lalu lintas Polres Pringsewu yang tergabung dalam satgas Operasi keselamatan Krakatau 2021 dibawah pimpinan Kanit Dikyasa Aiptu Wahyudi melakukan penertiban penggunaan masker maupun penerapan protokol kesehatan terhadap para pengunjung salah satu Bank Pemerintah yakni Bank BNI cabang Pringsewu, Senin (19/4/2021). 

Para pengunjung yang sebagian besar merupakan ibu-ibu, bahkan diantaranya sambil membawa anak-anak terlihat berkerumun dan abai terhadap penerapan protokol kesehatan sehingga menyebabkan terjadinya kermununan dan mengharuskan personil Kepolisian turun tangan mencairkan situasi guna mencegah potensi terjadinya penularan  wabah Virus Corona (Covid-19).

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK melalui Kasat lantas Iptu Bima Alief Caesar Gumilang, STK. SIK menuturkan pada Senin pagi terjadi penumpukan pengunjung yang akan melaksanakan aktivitas transaksi di bank BNI cabang Pringsewu. 

Menurutnya sebagian besar pengunjung yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu tersebut terlihat abai menerapkan protokol kesehatan khususnya dalam hal menjaga jarak fisik dan sebagian lagi terlihat tidak memakai masker sehingga rawan terjadinya potensi penularan Covid-19.

“Dengan adanya kerumunan yang disertai dengan pelanggaran prokes tersebut, Satgas Operasi keselamatan Krakatau Polres pringsewu langsung melakukan imbauan kepada seluruh warga melalui suara pengeras untuk tertib dan menerapkan protokol kesehatan khususnya menjaga jarak fisik dan juga penggunaan masker”, ucap Iptu Bima Alief

Dalam pelaksanaanya, kata kasat lantas melanjutkan, selain memberikan imbauan secara humanis, pihaknya juga memberikan tindakan nyata dengan memberikan saksi fisik berupa push-up bagi warga yang kedapatan tidak menggunakan masker saat melaksanakan aktivitas diluar rumah.

“Warga yang kedapatan tidak memakai masker langsung kami berikan sanksi push-up ditempat, namun setelah itu kami bagikan masker, hal itu sebagai efek jera agak yang bersangkutan tidak mengulanginya lagi”, ungkap Bima Alief. 

Lebih lanjut kasat lantas mengatakan, selain hanya menertibkan para pengunjung pihaknya juga melaksanakan koordinasi  satuan pengamanan dan pihak bank setempat untuk menata antrian guna menghindari terjadinya kerumunan yang dapat menyebabkan terjadinya penularan Covid-19.

Kasat lantas menjelaskan saat ini pihaknya tengah melaksanakan operasi kepolisian dengan sandi Ops Keselamatan Krakatau 2021 dan salah satu tujuan dari operasi tersebut meningkatkan kepatuhan dan kedisiplinan warga masyarakat terhadap protokol kesehatan guna mencegah dan meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Saat ini kami tengah menggelar operasi keselamatan krakatau 2021, untuk itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama meningkatkan kedisiplinan baik dalam hal tertib berlalu lintas maupun pencegahan Covid-19 melalui disiplin protokol kesehatan”, pungkas Kasat Lantas. 

(Pewarta : Bambang) 

Related News