Usai Minta Petunjuk Tuhan, Walikota Blitar Santoso Nyatakan Tak Maju Pilwali 2024

Senin, 13/05/2024 - 12:21
Walikota Blitar Santoso (Foto : Faisal NR / Klikwarta.com)
Walikota Blitar Santoso (Foto : Faisal NR / Klikwarta.com)

Klikwarta.com, Kota Blitar - Walikota Blitar Santoso menyatakan tidak akan maju mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 sebagai calon Walikota Blitar.

Santoso memastikan diri tidak ikut Pilkada serentak tahun ini setelah menerima beberapa pertimbangan. Salah satu pertimbangannya, dia mantap tidak maju lagi jadi calon walikota setelah melakukan kontemplasi hingga meminta petunjuk dari Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa melalui shalat Istikharah.

Hasilnya, dia menerima petunjuk dalam perenungan batinnya dari Allah SWT untuk tidak melanjutkan kembali memperebutkan kursi Walikota Blitar untuk periode selanjutnya lewat Pilkada serentak 2024.

Selain pertimbangan batin dan spritualnya, Santoso tidak ikut pilkada lagi karena alasan kondisi fisik dan kesehatan yang menurutnya ini menjadi atensi pribadinya. Kemudian, Santoso mengatakan keluarganya juga merekomendasikan untuk tidak ikut pilkada 2024.

"Namun demikian saya masih tetap berjuang berupaya menuntaskan tugas saya sebagai Walikota Blitar dengan sebaik-baiknya hingga tuntas demi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Blitar ke arah yang semakin baik," ujarnya kepada Klikwarta.com di rumah dinas Walikota Blitar, Senin (13/5/2024).

"Saya minta maaf kepada masyarakat Kota Blitar yang sudah memberikan kepercayaan kepada saya dan bahkan berharap agar saya macung lagi sebagai calon Walikota Blitar untuk tahun 2024-2029 ya," sambung Santoso.

Walikota Santoso juga menyampaikan, setelah melakukan pencermatan terhadap situasi dan kondisi politik di Kota Blitar mulai dari hasil Pileg, Pilpres dan konstelasi politik yang terjadi, sebagai kader PDIP dia berharap keputusan yang sudah ia ambil untuk tidak maju lagi sebagai calon Walikota Blitar itu benar-benar keputusan yang turut diikuti dan diterima masyarakat dan kalangan partainya.

Keputusan tidak mencalonkan sebagai calon Walikota Blitar itu menurutnya bukan semata keputusan pribadi, melainkan petunjuk langsung dari Allah SWT melalui shalat Istikharah.

Karena itulah, Santoso memutuskan tidak mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah di DPC PDIP Kota Blitar untuk syarat maju jadi calon walikota pada Pilkada serentak tahun ini.

Sebelumnya, medio awal dibukanya pendaftaran bakal calon Walikota Blitar di DPC PDIP Kota Blitar, Santoso memang sempat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Walikota Blitar.

"Yang pasti saya akan menuntaskan tugas saya sebagai Walikota Blitar hingga akhir masa jabatan, sampai dilakukannya pelantikan Walikota Blitar dan Wakil Walikota Blitar terpilih," tandasnya.

(Pewarta : Faisal NR)

Related News