KPU Provinsi Evaluasi Laporan Keuangan dan SPIP

Ketua KPU Provinsi Bengkulu saat memberikan sambutan
Ketua KPU Provinsi Bengkulu saat memberikan sambutan

Klikwarta.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu gelar kegiatan evaluasi laporan keuangan dan sistem pengendalian intern pemerintah (SPIP) di lingkungan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota di Hotel Latansa, Kamis pagi (27/12).

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas laporan keuangan dan mempertanggungjawabkan setiap anggaran yang digunakan oleh KPU. Serta laporan kinerja KPU dalam mengelola kebijakan dan dinamika penyelenggaraan pemilihan umum dalam birokrasi Indonesia.

Ketua KPU Provinsi Irwan Saputra mengungkapkan pelaksanaan evaluasi dan laporan keuangan perlu dilakukan agar kedepannya bisa lebih efektif dan cerdas dalam menjalankan keuangan di lingkup KPU. 

"Cermati betul perhitungannya", tegas Irwan. 

Lanjut Irwan dalam pelaksanaan pemilu KPU Provinsi berhak membuat acuan dan standar penggunaan anggaran. Semua badan penyelenggara, mulai dari dari KPU Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota wajib menggunakan standar perencanaan, pengelolaan dan penggunaan anggaran yang telah ditetapkan sesuai dengan skala (standar) nasional.

"Mau tidak mau pelaksanaan pemilu ini harus sukses. Karena taruhannya adalah bangsa dan negara. Untuk itu kebijakan dalam mengelola anggaran keuangan harus selaras dengan kebutuhan dan efektivitas kegiatan selama ini," tuturnya. 

SPIP adalah proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi. Sekaligus menjadikan  kegiatan yang efektif dan efisien,  keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, ketaatan terhadap praturan perundang-undangan. (Bisri)

Related News