Pembangunan Jalan Rabat Beton Diduga Tak Sesuai RAB

Pembangunan rabat beton di Desa Talang Tua
Pembangunan rabat beton di Desa Talang Tua

Klikwarta.com, Bengkulu Utara - Pembangunan jalan rabat beton Desa Talang Tua, Kecamatan Padang Jaya, Kabupaten Bengkulu Utara tahun 2018 terkesan tidak transparan dan diduga tidak sesuai RAB (Rencana Anggaran Biaya). Hal ini dapat dilihat dari proses pembangunan yang biasanya menggunakan alat aduk bantu/molen untuk menjamin mutu bangunan tersebut, namun kenyataannya hanya menggunakan adukan secara manual.

Dari pantauan dilapangan, selain pengerjaan yang terkesan asal-asalan, dilokasi pengerjaan juga tidak dapat ditemukan papan informasi pengerjaan pembangunan. Padahal fungsi dari papan informasi begitu penting sebagai informasi bagi masyarakat akan keterbukaan publik. 

Kepala Desa Talang Tua Susmo saat ditemui mengatakan bahwa, papan proyek sengaja tidak dipasang dikarenakan pergantian dengan penambahan volume kegiatan pembangunan sepanjang 46 meter, ini tentu berbeda dari volume yang sudah ditetapkan sebelumnya. 

"Soal papan informasi pekerjaan, memang tidak dipasang karena ada penambahan volume dari pembangunan sebelumnya yakni penambahan 46 meter", dalih Susmo, (28/12/2018).

Terpisah Camat Padang Jaya Syarifa Inayati, S.E tidak mengetahui terkait proyek pengerjaan rabat beton tersebut. 

"Saya belum tahu pengerjaan rabat beton tersebut karena belum ada laporan dari Pendamping desa. Soal tidak ada papan proyek nanti saya akan tegur Kadesnya meski pembangunan sudah selesai di kerjakan, karena papan proyek sangat penting agar seluruh masyarakat mengetahui bangunan tersebut", tegas Syarifa Inayati belum lama ini.

(Suradi

BC

 

Related News