Pendaftaran Telah di Buka Caleg DPRD di Tulungagung Masih Sepi

Kamis, 04/05/2023 - 17:10
M Arif Komisioner KPU Kabupaten Tulungagung
M Arif Komisioner KPU Kabupaten Tulungagung

Klikwarta.com, Tulungagung - Pendaftaran calon anggota DPRD atau calon anggota legislatif (caleg) daerah Kabupaten Tulungagung telah dibuka, namun sampai saat ini masih belum ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan calonnya ke KPU Tulungagung.

Padahal untuk pendaftaran Caleg telah dimulai pada 1 Mei hingga 14 Mei mendatang, tetapi antusias partai politik di Tulungagung pada awal pendaftaran ini cukup rendah, ungkap Komisioner KPU Tulungagung Bidang Organisasi Teknis, M Arif, Kamis (04/05/2023).

Sejauh ini belum ada parpol yang mendaftarkan calonnya ke KPU Tulungagung. Tetapi pihaknya memastikan, semua parpol yang berpartisipasi dalam Pemilu 2024 sudah berkonsultasi dengan pihaknya.

“Artinya internal sudah siap, tinggal menunggu mereka mendaftar dan diperkirakan banyak parpol yang akan mendaftar di tengah atau akhir proses pendaftaran calon", pungkasnya.

Arif juga menambahkan bahwa ada informasi sejumlah parpol akan melakukan pendaftaran secara serentak dengan tingkat nasional.

Pihaknya memastikan, pendaftaran caleg kali ini tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Yakni calon legislatif terdaftar harus menunjukkan kartu tanda penduduk elektronik, surat pernyataan, salinan ijazah sekolah menengah mereka, sertifikat pendaftaran sebagai pemilih, dan kartu identitas yang mendukung partai.

“Untuk anggota DPR dari ASN, TNI, Polri, Kelurahan, BPD harus melampirkan surat pengunduran diri. Tapi kalau tidak punya SK, maka harus melampirkan surat pengunduran diri dan tanda terima pejabat yang berwenang,” jelasnya.

(Kontributor : TOP)

Related News