Persiapan Pemilukada 2020, Panwaslu Distrik Ayau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Sabtu, 21/03/2020 - 11:44
Panwaslu Distrik Ayau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif
Panwaslu Distrik Ayau Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif

Waspada Corona

Klikwarta.com, Raja Ampat Papua Barat - Persiapan menjelang Pemilukada 2020 yang akan dihelat secara bersamaan  pada  270 Daerah yang tersebar di seluruh Indonesia, Pengawasan Netrlaitas ASN serta peran semua Stakholder dalam turut serta mengawasi setiap tahapan Pemilukada menjadi sesuatu yang sangat penting.

“Tujuan kegiatan sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman kepada masyarakat agar Pemilukada yang akan digelar pada September 2020 nanti dapat berjalan dengan aman, jujur dan adil dan tidak terjadi pelanggaran dan praktek politik uang agar masyarakat tidak salah dalam memberikan hak pilih”, ungkap Ketua Panwaslu Distrik Ayau Yohan Maurids Imbir S.Pd, Jum’at (20/03/2020) di Aula kantor Distrik Ayau Kabupaten Raja Ampat.

Dia juga menambahkan Kami juga berharap kepada semua Kepala kampung agar dapat memberikan surat keterangan kematian, yang di serahkan pada Disdukcapil Kabupaten Raja Ampat agar dapat mengeluarkan data orang meninggal sehingga KPUD bisa mencoretnya dari Daftar Pemilih (DPT)

“Kalau bisa hal ini dilakukan agar kita di Distrik Ayau  menjadi Distrik pertama di Kabupaten Raja Ampat yang melakukan itu”, tandasnya.

;;;

Sementara itu Kepala Distrik Ayau dalam Pemberian materinya menyerukan Kepada seluruh ASN Se- Distrik Ayau, Kepala- Kepala Kampung,Aparat Kampung dan Anggota Bamuskam agar netral dan tidak melibatkan diri dalam politik praktis.

“Kami tidak segan- segan terhadap hal ini, ASN Kepala Kampung dan Bamuskam yang terbukti terlibat politik praktis akan kami laporkan kepada yang berwenng agar ditindak sesui dengan Peraturan yang berlaku”, tegasnya 

Materi juga disampaikan oleh Anggota Panwaslu Distrik Ayau devisi SDM Andreas Imbir S.sos yang meminta kepada Kepala Kampung agar dapat membantu Panwaslu Kampung dalam hal data maupun pengawasan.

Hal Ini juga disampaikan oleh Ketua PPD ( Panitia Pemilihan Distrik) Ayau Falen Yapen yang juga meminta kepada Kepala-kepala Kampung agar dapat membantu Pantarlih di saat akan melakukan pendataan kedepan.

Akhir dari kegiatan ini dapat menghasilkan Kesepakatan bersama antara Panwaslu Distrik Ayau, Panitia Pemilihan Distrik (PPD), Kepala Distrik serta Kepala Kampung Se-Distrik Ayau untuk menyurati Dukcapil Raja Ampat agar membuat surat akta kematian agar pemilih yang sudah meninggal dunia dapat di keluarkan oleh KPUD dari Daftar Pemilih tetap (DPT).

(Pewarta : Mustajib)

Related News

Loading...
loading...