Plt Gubernur Dorong Perguruan Tinggi Swasta dan Negeri Bersinergi dalam Pembangunan

Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat membuka secara resmi lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) ke-4 tingkat SLTP dan SLTA tahun 2017 se-Provinsi Bengkulu, di Kampus Universitas Muhamadyah Bengkulu (UMB), (11/11/2017).
Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat membuka secara resmi lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) ke-4 tingkat SLTP dan SLTA tahun 2017 se-Provinsi Bengkulu, di Kampus Universitas Muhamadyah Bengkulu (UMB), (11/11/2017).

Klikwarta.com - Institusi pendidikan itu akan menjadi besar, terkenal dan populer ditengah masyarakat, jika para anak didiknya terkenal dengan banyak prestasi yang diraihnya, serta adanya peran dari para alumninya.
 
Hal tersebut disampaikan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, saat membuka secara resmi lomba Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) ke-4 tingkat SLTP dan SLTA tahun 2017 se-Provinsi Bengkulu, di Kampus Universitas Muhamadyah Bengkulu (UMB), (11/11/2017).
 
“Tidak bisa dipungkiri dua nilai ini, prestasi para siswanya dan peran alumninya, harus betul-betul menjadi pegangan dari institusi penyelenggara pendidikan, agar institusi pendidikan tersebut populer ditengah masyarakat,” tutur Plt Gubernur Rohidin Mersyah, saat memberikan kata sambutannya.
 
Diakuinya, semua itu memang perlu didukung  lingkungan institusi pendidikan yang kondusif, sarana dan prasarana pendidikan yang memadai serta tenaga pendidiknya, namun, ujarnya, semua itu harus diarahkan pada dua nilai tersebut.
 
Selain itu, dirinya, berharap agar semua perguruan tinggi negeri maupun swasta, dapat berperan secara bersama dalam pembangunan, meningkatkan prestasi institusi pendidikannya, dan tidak hanya  mencetak lulusan SDM saja.
 
“Peran perguruan tinggi yang banyak sekali di Bengkulu ini, diharapkan  dapat berkaloborasi menggerakan perekonomian Bengkulu, karena perguruan tinggi itu tidak hanya berpartisipasi untuk mengedukasi masyarakat, tapi menjadi variable penggerak ekonomi,” tegas mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini.
 
Sedangkan kepada pelajar dan mahasiswa, dirinya berpesan, untuk terus dibiasakan berkompetensi dalam semua event, displin dalam kegiatan kesehariannya, serta mampu bertahan dalam situasi sesulit apapun.
 
Karena, sebutnya, Jika mampu menjalani semua itu, dipastikan orang itu nanti  akan mempunyai kemampuan yang lebih dibandingkan orang lain pada umumnya.
 
‘’Dengan modal kemampuan yang dimiliki tersebut, dipastikan orang itu akan menjadi pemenang dalam setiap peran kehidupan,” pungkasnya.
 
Pada event lomba Paskibra ini, Rohidin menegaskan, seorang pemenang itu bukanlah semata pulang dengan membawa piala, tetapi, sebutnya, juara itu lebih kepada pembentukan karakter mental, walaupun menang, tidak pongah dan berpuas diri dan jika kalah tidak kecewa dan putus asa.
 
Sesuai imformasi dari panitia penyelenggara, kegiatan lomba Paskibra dalam rangka HUT Provinsi Bengkulu dan HUT Armada RI  ini, diikuti oleh 58 tim Paskibra dan 2.600 peserta dari kabupaten dan kota Bengkulu, yang rencananya digelar dalam satu hari saja.
 
Sementara itu, Rektor UMB Ahmad Dasan mengatakan, perlombaan Paskibra ini ditargetkan menjadi lomba tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Kampus UMB.
 
Selain itu, juga diluncurkan lomba promosi wisata Provinsi Bengkulu yang pesertanya terbuka untuk umum.
 
Pihaknya juga menargetkan kampus UMB akan menjadi kampus pariwisata, dengan adanya sarana dan prasarana yang dapat dinikamti bukan hanya oleh para elajar dan mahasiswa, tapi juga untuk masyarakat Bengkulu.
 
Dalam kesempatan itu, juga diserahkan secara simbolis bantuan operasional kepada 38 Organisasi Intra Sekolah (OSIS) yang ada di kabupaten dan kota Bengkulu, serta pelepasan bibit ikan di kolam pemancingan UMB. (Saipul-Media Center, Humas Pemprov Bengkulu).

Dibaca: 13 kali

Related News