Plt Walikota Blitar Minta Seluruh Kebutuhan Pilkada 2020 Terakomodir

Kamis, 04/07/2019 - 13:33
Plt Walikota Blitar Santoso
Plt Walikota Blitar Santoso

Klikwarta.com, Blitar - Plt Walikota Blitar Santoso mendorong penyelenggara pemilihan, KPU dan Bawaslu, untuk menginventarisasi seluruh apa yang menjadi kebutuhan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun depan.

Mengingat di Kota Blitar pada tahun 2020 besok juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang akan melaksanakan kegiatan Pilkada serentak, Santoso berharap pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan demokratis, damai dan kondusif.

"Kemarin sudah disampaikan saat paripurna plafon anggaran tahun 2020, salah satunya juga untuk kebutuhan saat pilkada. Saya meminta semua keperluan saat Pilkada bisa diakomodasi dengan baik. Mulai tahapan perencanaan, pelaksanaannya dan setelah Pilkada," tutur Santoso kepada kliwarta.com di Kota Blitar, Kamis (04/07/2019).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Blitar, Choirul Umam, merencanakan anggaran Pilkada tahun 2020 mendatang sebesar Rp 13 Milyar. Dikatakannya, proses tahapan pelaksanaa Pilkada serentak di Kota Blitar, saat ini masih dalam tahap pengajuaan anggaran 

"Kita ajukan sudah difasilitasi oleh pemerintah kota tetapi belum ada proses pencermatan ulang," ungkap Umam. 

Selesai diajukan, sambung dia, nantinya rencana anggaran itu, akan masuk proses pencermatan ulang dan dilakukan proses revisi. "Belum sampai ke sana, masih dipelajari tim keuangan Pemkot," sahutnya. 

Kepada klikwarta.com, Umam menyebut berdasarkan informasi resmi dari KPU RI, terkait pelaksanaan tahapan awal pilkada 2020 terjadi pada bulan September 2019. Sementara pelaksanaan pemilihan kepala daerahnya dijadwalkan tanggal 23 September 2020.

(Reporter : Faisal Nur Rachman)

a

TMMD

 

Related News