Program Rehabilitasi Hutan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kunjungi Tegal

Minggu, 17/11/2019 - 18:32
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kunjungi Tegal
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kunjungi Tegal

Waspada Corona

Klikwarta.com, Tegal - Menteri Lingkungan hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, didampingi Wakil Menteri lingkungan hidup dan Kehutanan, Sekretaris Jenderal dan Plt. Dirjen PDASHL, Sabtu (16/11), mengunjungi Persemaian Bibit Pohon di Tegal, Jawa Tengah, sebagai rangkaian kerja Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL). 

Menurut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menyampaikan, bahwa sebelum tahun 2019, luasan RHL 23 ribu hektar. Pada tahun 2019 mencapai 206 ribu hektar, artinya hampir 10 kali lipat. 

 "Saya sedang berkeliling Indonesia untuk observasi ke persemaian, dari mulai persemaian yang disiapkan pemerintah sampai kebun bibit masyarakat. Krn keberhasilan tumbuh kembangnya pohon dimulai dari pembibitan yang baik", ujar Menteri Siti. 

Bahkan Menteri Siti juga mengajak untuk melakukan penanaman pohon, sebagai upaya pemulihan selain pencegahan  terhadap banjir dan kekeringan. "Caranya yaitu Ayo Tanam Pohon, kita perbaiki lahan kritis. Kita percaya kalau pohonnya bagus, lingkungannya juga akan bagus".

 "Selain yang kita lakukan bersama masyarakat  ini, pemerintah juga menegaskan  kepada pengusaha yang memakai kawasan hutan dalam usahanya melalui Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) untuk harus  melakukan rehabilitasi kawasan dengan penanaman pohon”, Tutup Menteri Siti. 

Sementara dalam jangka pendek, peningkatan kesejahteraan masy sekitar kawasan ini dilakukan melalui pelibatan dlm pembibitan dan penanaman. 

Sedangkan dlm jangka panjang, masy dpt menikmati hasil hutan bukan kayu dari tanaman, seperti nangka, cengkeh, bahkan macadamia yang memiliki nilai ekologis dan ekonomis sangat tinggi. (red/tim)

Related News

Loading...
loading...