Sandang Pangkat Prada, Mantan Prajurit Siswa Semata PK TNI AU A-86 Siap Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara

Kamis, 29/02/2024 - 17:52
Mantan Prajurit Siswa Semata PK TNI AU A-86 Siap Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara
Mantan Prajurit Siswa Semata PK TNI AU A-86 Siap Mengabdi Kepada Bangsa dan Negara

Klikwarta.com, Surakarta -Resmi menyandang pangkat Prajurit Dua, pada Upacara Penutupan Pendidikan, Pelantikan Dan Penyumpahan, sejumlah 759 mantan Prajurit Siswa Semata PK TNI AU Angkatan Ke-86 siap melaksanakan pengabdian kepada bangsa dan negara melalui TNI Angkatan Udara dimanapun berada dan bertugas. Upacara yang dilaksanakan di lapangan Dirgantara ini ditutup oleh Wadankodiklatau Marsda TNI Bambang Gunarto, S.T., M.M., M.Sc. selaku inspektur upacara mewakili Komandan Kodiklatau Marsekal Madya TNI Dr. Arif Mustofa M.M, Kamis (29/2/2024).

Dalam membacakan amanat Dankodiklatau, inspektur upacara memberikan ucapan selamat kepada seluruh Prajurit mantan siswa Semata PK TNI AU Angkatan Ke-86 atas keberhasilan mengikuti dan menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan dengan baik, aman dan lancar.

"Sekaligus juga mengucapkan selamat kepada orang tua mantan siswa atas dilantiknya putra bapak ibu sekalian menjadi prajurit TNI Angkatan Udara pengawal dirgantara, yang siap untuk membela dan menegakkan kedaulatan dan keutuhan Negara di wilayah udara", lanjut Dankodiklatau.

Disisi lain, Dankodiklatau juga menekankan bahwa dengan perubahan status dari sipil menjadi militer atau berstatus sebagai
prajurit TNI, baik secara langsung maupun tidak langsung harus taat dan patuh terhadap semua peraturan, tata tertib dan aturan-aturan yang melekat dalam setiap diri prajurit TNI.

"Dengan berbekal awal pengalaman pendidikan yang baru saja ditempuh, saudara dapat tumbuh menjadi seorang prajurit yang memiliki disiplin, loyalitas, selalu berpegang kepada Sumpah Prajurit, Sapta Marga dan Delapan Wajib TNI. Mulai detik ini, TNI Angkatan Udara akan menunggu darma baktimu", pungkas Dankodiklatau.

Para mantan siswa Semata PK TNI AU angkatan ke-86 ini menempuh pendidikan selama lima bulan di Skadron Pendidikan 403 dibawah pimpinan Komandan Skadik 403 Lanud Adi Soemarmo Letkol Kes Bakti Joko S., S.Pd., M.Or., dan terpilih sebagai siswa terbaik Prajurit Dua Prada Ginanjar Maulana Saputra. Selanjutnya, mereka akan mengikuti pendidikan kejuruan sesuai dengan korps masing-masing diantaranya koprs teknik, elektronika, pembekalan, Pomau, Administrasi, khusus dan kesehatan.

Seusai upacara dilaksanakan acara tambahan berupa demo bongkar pasang senjata, senam senjata, senam balok, bela diri militer dan yel-yel. Hadir pada upacara tersebut para pejabat Mabesau, para pejabat Kodiklatau, Komandan Wingdik 400 Kolonel Pas R.H. Aritonang S.IKom., M.Han., mewakili Komandan Lanud Adi Soemarmo Marsma TNI Ridha Hermawan,  S.H., M.Han., para pejabat Lanud Adi Soemarmo, pejabat Depohar 50,pejabat TNI-Polri Surakarta, Dirut SMA Pradita Dirgantara dan Ketua PPAU Cabang 05 Surakarta.

Kontributor : Arif 

Related News