Satuan Pemeliharaan 72 Koharmatau Lakukan Pemeriksaan Rutin APAR di Pangkalan Udara Wiriadinata

Selasa, 05/03/2024 - 12:13
Satuan Pemeliharaan 72 Koharmatau saat Lakukan Pemeriksaan Rutin APAR di Pangkalan Udara Wiriadinata
Satuan Pemeliharaan 72 Koharmatau saat Lakukan Pemeriksaan Rutin APAR di Pangkalan Udara Wiriadinata

Klikwarta.com, Tasikmalaya - Dalam upaya menjaga kesiapan dan keamanan di Pangkalan Udara TNI AU Wiriadinata, Tasikmalaya, Senin (04/03/2024),  personel Satuan Pemeliharaan 72 Team Bantuan Pemeliharaan Lapangan (Banharlap) Alat Pemadam Kebakaran (Alpeka) melaksanakan pemeriksaan rutin pada tabung Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Pemeriksaan ini dilakukan oleh tim yang terdiri dari Kapten Tek Sumulyo, Serma Mustopa, Serda Pipit, dan Prada Angga. Tim Banharlap memastikan bahwa seluruh APAR yang tersedia di Pangkalan Udara tersebut berfungsi dengan baik dan siap digunakan dalam kondisi darurat.

Kapten Tek Sumulyo, selaku pemimpin tim, menyatakan bahwa pemeriksaan rutin ini merupakan bagian dari upaya pemeliharaan preventif untuk memastikan bahwa peralatan pemadam kebakaran di pangkalan udara beroperasi optimal. "Kami memastikan setiap tabung APAR dalam kondisi baik, tekanan yang memadai, dan isi media pemadam kebakaran sesuai standar," ujarnya.

Pentingnya APAR yang berfungsi dengan baik dalam suatu pangkalan udara tidak hanya untuk mengatasi kejadian darurat, tetapi juga sebagai bagian dari langkah-langkah preventif untuk menghindari potensi kebakaran. Hal ini menjadi bagian integral dari standar keamanan di Pangkalan Udara TNI AU Wiriadinata.

Pemeriksaan rutin ini melibatkan pengujian fungsi dan kondisi fisik tabung APAR, termasuk kelengkapan perlengkapan dan keamanan. Dengan dilaksanakannya kegiatan ini secara teratur, diharapkan seluruh peralatan pemadam kebakaran di pangkalan udara dapat beroperasi dengan optimal, mendukung upaya pengamanan dan kesiapan dalam menghadapi potensi kebakaran.

Kontributor: Arif

Tags

Related News