Suplai Kebutuhan Pakan Ternak, Pemkab Blitar Kerjasama dengan Pemkab Keerom

Rabu, 02/12/2020 - 15:30
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (kanan) Menyerahkan Cinderamata Kepada Pjs Bupati Keerom Mohammad Ridwan Rumasukun (foto : Faisal NR / Klik Warta)
Pjs Bupati Blitar Budi Santosa (kanan) Menyerahkan Cinderamata Kepada Pjs Bupati Keerom Mohammad Ridwan Rumasukun (foto : Faisal NR / Klik Warta)

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar -Turunnya kuantitas produksi tanaman Jagung sebagai komposisi pakan ternak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melakukan kerja sama dengan Pemkab Keerom, Jayapura, dalam hal pengadaan Jagung. 

Penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama Pengadaan Antar Daerah Terkait Pengadaan Jagung antara

Pemkab Blitar dengan Pemkab Keerom dilaksanakan di ruang rapat Candi Penataran kantor Bupati Blitar, Rabu (02/12/2020). 

Ditemui seusai acara, Pjs Bupati Blitar Budi Santosa menjelaskan, kerja sama ini didasari kekurangannya suplai Jagung sedari Januari hingga November, yang diakibatkan pada masa bulan tersebut masih masa tanam. Sehingga, harga Jagung relatif mahal.

"Terkait hal itu, tim TPID Pemkab Blitar bekerja sama dengan Kabupaten Keerom Jayapura, dalam hal pengadaan Jagung. Dan pada hari ini, kita menerima pengiriman Jagung dari Pemerintah Kabupaten Keerom sebanyak 15,5 Ton Jagung. Harapannya, mampu memenuhi kebutuhan pakan ternak yang ada di kabupaten Blitar," jelasnya.

Diuraikannya, pengiriman Jagung dari kabupaten Keerom Jayapura ini merupakan tindak lanjut kegiatan Business to Business antara Koperasi Putera Blitar dengan Koperasi Cahaya Tani kabupaten Keerom. 

"Semoga kesepakatan bersama dan Kerjasama ini memberikan manfaat untuk kabupaten Blitar maupun kabupaten Keerom," ulasnya.

Lebih dalam Budi menjelaskan, masih berlangsungnya pandemi Covid-19 berdampak pada sektor perekonomian yang menjalar kepada peternakan maupun pertanian. Kendati begitu, lanjut Budi, Pemkab Blitar telah melakukan berbagai upaya sebagai penanda hadirnya pemerintah kepada warganya. 

"Agar ekonomi masyarakat tetap terjaga, salah satunya upaya pemerintah kabupaten Blitar menjaga produksi Telur tetap tersalurkan ke masyarakat yakni dikemas melalui paket Bansos, termasuk Beras dan produk UMKM. Paket bansos yang disalurkan kepada warga terdampak Covid-19 ini bekerjasama dengan Gapoktan. Pelaku UMKM dan Peternak Telur di kabupaten Blitar. Untuk itu, dengan adanya kerjasama ini diharapkan ekonomi masyarakat kabupaten Blitar semakin kuat," paparnya. 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News

loading...