Ternyata Ini Manfaat Asuransi Mobil untuk Anda, Apa Saja?

Rabu, 08/06/2022 - 15:17
ilustrasi
ilustrasi

Bagi Anda yang sudah punya kendaraan bermotor seperti mobil, tapi belum mengasuransikannya, sebaiknya Anda segera melakukannya.

Apalagi, sekarang Anda bisa temukan beragam pilihan produk asuransi mobil dari berbagai perusahaan, termasuk asuransi mobil online  yang lebih mudah dan praktis.

Secara garis besar, asuransi mobil sama seperti asuransi pada umumnya, yaitu sebagai proteksi atau perlindungan dari berbagai risiko yang dapat terjadi dan berdampak pada finansial Anda di kemudian hari.

Adanya proteksi dari asuransi mobil, seperti asuransi ABDA di Lifepal tentu juga akan membantu meringankan kondisi finansial

Dan untuk asuransi mobil, risiko yang dilindungi umumnya mencakup kerusakan karena kecelakaan, kendaraan hilang, dan sebagainya.

Ketidakpastian soal masa depan juga jadi salah satu alasan penting mengapa asuransi mobil sangat direkomendasikan untuk Anda sebagai pemilik kendaraan.

Pasalnya, ada unsur ketidakpastian bahwa kendaraan Anda akan selamanya aman dan selamat di segala kondisi, kan?

Oleh karena itu, asuransi mobil dapat melindungi Anda dari ketidakpastian terjadinya risiko tersebut.

Daripada Anda nantinya menyesal begitu sesuatu terjadi pada kendaraan kesayangan, tentu akan jauh lebih baik jika risikonya sudah Anda antisipasi sejak sekarang, kan? Apalagi ingat bahwa penyesalan pasti selalu datang di belakang.

Pentingnya Punya Asuransi Mobil

Meskipun di Indonesia sendiri asuransi mobil belum jadi hal wajib bagi seluruh pemilik kendaraan, Anda tentu akan bisa menikmati lebih banyak manfaat jika Anda sudah memiliki asuransi mobil sejak sekarang.

Kalau begitu, apa saja ya manfaat yang bisa Anda nikmati dengan memiliki produk asuransi mobil?

1. Perlindungan Finansial

Secara garis besar, bisa dibilang inilah manfaat utama dari asuransi. Lebih spesifik lagi, asuransi mobil akan membantu finansial Anda apabila kelak terjadi peristiwa yang mengakibatkan Anda harus keluar biaya besar. Misalnya, untuk memperbaiki kendaraan karena terjadi kecelakaan, atau untuk mengganti kendaraan yang hilang karena dicuri.

Bicara soal kecelakaan, bahkan asuransi mobil juga bisa Anda gunakan apabila ternyata Anda lah yang lalai dan jadi penyebab kecelakaan tersebut.

Mengingat bahwa pihak yang salah lah yang harus menanggung seluruh biaya untuk dirinya sendiri maupun korban, tentu uang yang dikeluarkan tidak sedikit, kan? Dan di sini lah asuransi mobil bisa jadi solusi untuk meringankan beban finansial Anda.

2. Menanggung Biaya Perbaikan Kendaraan

Asuransi mobil tak hanya penting untuk Anda yang sudah lama punya kendaraan, tapi juga untuk Anda yang baru saja membeli kendaraan baru. Soalnya, asuransi mobil bisa memberikan perlindungan dari kecelakaan sesegera mungkin, kan?

Tak hanya itu saja, Anda pun akan bisa menikmati perlindungan dari kerusakan karena faktor alam seperti cuaca sekalipun, seperti badai atau kebakaran.

Mengingat bahwa biaya perbaikan mobil tidak sedikit, adanya proteksi dari asuransi mobil seperti asuransi ABDA tentu juga akan membantu meringankan kondisi finansial Anda. Soalnya, Anda bisa ajukan klaim agar asuransi menanggung biaya perbaikan tersebut.

3. Memberikan Proteksi bagi Pengemudi dan Penumpang

Apakah Anda masih beranggapan bahwa asuransi mobil sebatas memberikan proteksi bagi kendaraan? Ternyata tidak.

Soalnya, asuransi mobil juga bisa memberikan perlindungan bagi pengemudi dan penumpang yang ada di dalam kendaraan ketika suatu peristiwa terjadi, seperti kecelakaan yang mengharuskan pengemudi dan penumpang menerima perawatan medis.

Seperti yang tentu sudah Anda ketahui, biaya perawatan medis karena kecelakaan bisa jadi melambung, tergantung tingkat keparahan luka maupun cedera yang diterima korban.

Dan dengan adanya perluasan jaminan terhadap pengemudi dan penumpang, beban finansial karena biaya medis pun bisa dikurangi.

4. Akses Fitur dan Layanan Tambahan

Hal lain yang juga bisa Anda nikmati dengan memiliki asuransi mobil adalah akses ke berbagai fitur dan layanan tambahan, yang tentunya juga sudah diatur di dalam polis asuransi mobil Anda.

Contohnya, fasilitas derek mobil jika kendaraan Anda sewaktu-waktu kehabisan bahan bakar, mengalami ban bocor, dan sebagainya. Kemudian ada juga layanan hotline 24 jam yang bisa Anda hubungi kapan saja jika kelak Anda mengalami masalah darurat pada kendaraan yang membutuhkan penanganan segera.

Itu tadi manfaat asuransi mobil yang dapat Anda nikmati. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda jadi semakin mantap untuk membeli produk asuransi mobil yang tepat untuk Anda dan kendaraan, ya!

Related News