UMK Kabupaten Blitar 2021 Naik, Pemkab : 'Semoga Membantu Ekonomi Pekerja Ditengah Pandemi'

Rabu, 02/12/2020 - 13:19
Kepala Disnaker Pemkab Blitar Haris Susianto (foto : Faisal NR / Klik Warta)
Kepala Disnaker Pemkab Blitar Haris Susianto (foto : Faisal NR / Klik Warta)

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar Haris Susianto berharap dengan naiknya Upah Mininum Kabupaten/Kota (UMK) kabupaten Blitar untuk tahun 2021 mampu membantu ekonomi pekerja ditengah sulitnya geliat ekonomi disaat pandemi Covid-19. 

Dikatakan Haris, UMK tahun 2021 mendatang sudah di angka Rp 2.004.705 setelah UMK tahun 2020 senilai Rp 1.954.705.

"Dengan adanya kenaikan UMK, semoga mampu membantu pekerja yang tengah mengalami kesulitan ditengah wabah virus Korona. Sehingga ekonomi mereka berjalan dengan baik dan stabil," ucapnya, Rabu (02/12/2020).

Soal penetapan UMK tahun 2021, Disnaker Pemkab Blitar mengaku belum menerima salinan resmi. Sehingga sampai saat ini belum memberikan informasi adanya kenaikan kepada pengusaha maupun pekerja.

Diakuinya hingga kini salinan resminya belum ada, namun sudah beredar di media sosial.

“Dimedia sosial sudah banyak beredar terkait kenaikan UMK tahun 2021, termasuk untuk Kabupaten Blitar. Namun sampai saat ini kita belum menerima salinan resminya,” ujarnya.

Saat ini pihaknya menunggu sosialisasi dari provinsi, kemudian baru meneruskan melalui sosialisasi ditingkat kabupaten kepada perwakilan pengusaha dan serikat pekerja, termasuk dewan pengupah.

“Kalau kenaikan UMK atau upah minimum tahun 2021 sudah melalui beberapa pertimbangan, di antaranya yang saat ini masih terjadi, yakni adanya pandemi Covid-19. Kemudian terkait laju inflasi dan pertumbuhan ekonomi yang ada dimasyarakat,” tutupnya. 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News

loading...