Warga Simorejo Sari Kesal Merasa Dibohongi Tiga Angggota DPRD

Minggu, 20/09/2020 - 11:29
Anggota DPRD Jawa Timur Bleggur Prijanggono beri uang ke perwakilan PKK untuk pembelian 100 seragam senam
Anggota DPRD Jawa Timur Bleggur Prijanggono beri uang ke perwakilan PKK untuk pembelian 100 seragam senam

Klikwarta.com, Surabaya - Warga Simorejo Sari Surabaya mengaku sangat kesal karena dibohongi oleh tiga Anggota DPRD Surabaya. Wakil rakyat itu hanya memberi janji palsu saat melakukan reses atau jaring aspirasi masyarakat di Kampung Simorejo Sari.

Kekesalan tersebut disampaikan langsung oleh Ketua RT 03 RW 06 Simorejo Sari, Sutrisno kepada Anggota DPRD Jawa Timur, Bleggur Prijanggono saat jaring aspirasi, Minggu 20 September 2020.

Sutrisno mengaku kejadian ini terjadi anggota DPRD Surabaya melakukan reses di wilayah RW 06. Legislator tersebut meminta warga menyampaikan uneg-unegnya agar dapat menjadi bahan untuk diteruskan ke Pemerintah Kota Surabaya.

"Disini RW 06 ada tujuh RT. Kejadiannya saya lupa, di bawah tahun 2017 pokoknya," ujar Sutrisno.

Warga merasa kecewa karena dewan tersebut tidak ada permintaan kepada pengurus RT membuat proposal usai dilakukan reses. Lucunya lagi, warga hanya diminta membuat aspirasi dengan tulisan tangan. Namun aspirasi tersebut hingga saat ini tidak ada realisasinya.

"Tidak ada pembuatan proposal. Dadakan membuat tulisan tangan. Sudah datangnya telat, undangan jam 15.00 datangnya pukul 15.30. Di tunggu-tunggu tidak terealisasi," kata Sutrisno dengan nada kecewa.

Pada tahun 2017 warga kembali dibuat kecewa. Perwakilan anggota DPRD Surabaya lainnya mendatangi warga. Perwakilan tersebut meminta warga Simorejo Sari membuat proposal. Berbagai keluhan dan keinginan untuk pembangunan di wilayah RW 06 semuanya di tuangkan dalam proposal.

"Tidak melakukan reses. Hanya perwakilan disuruh membuat proposal. Ini orangnya (anggota DPRD) berbeda dengan sebelumnya," tuturnya.

Sementara yang terakhir adalah anggota DPRD dari kaum perempuan. Menjelang pemilihan legislatif tahun 2019, anggota dewan melakukan reses. Namun warga dibuat kecewa tiga kali oleh kehadiran legislatif yang hanya memberi janji palsu terhadap aspirasi yang disampaikan.

"Kecewa. Reses dibuat seremonial saja," tegasnya.

Sutrisno berharap kepada Anggota DPRD Jawa Timur Bleggur Prijanggono agar tidak seperti fraksi lain yang hanya memberi janji saja, tidak ada realisasinya.

Mendengar keluhan warga itu, Bleggur langsung mempertanyakan dari fraksi mana anggota DPRD yang hanya memberi janji kosong itu. Jika memang dari Fraksi Golkar, Bleggur akan memanggil pihak yang bersangkutan.

"Bukan dari Fraksi Golkar. Bukan pak," kata warga menjawab pertanyaan dari Bleggur.

Bleggur menjelaskan bahwa pengajuan dana jasmas tidak mudah. Meskipun setiap anggota dewan memiliki jatah dana jasmas.

Politisi asal Partai Golkar ini menerangkan, proposal yang diajukan bisa ditolak oleh Pemkot Surabaya kalau bidang yang ingin digarap sama dengan dua atau tiga orang.

"Kalau sama dengan dua atau tiga orang yang mengajukan tidak akan diproses," tuturnya.

Anggota Komisi C DPRD Jatim itu meminta warga mengembalikan proposal ke pihak yang bersangkutan, kalau pengajuan tak diproses, meskipun berbeda. Bleggur menegaskan, dirinya tidak akan mengingkari terhadap janjinya.

"Kalau mengajukan berbeda tapi tidak diproses kembalikan yang bersangkutan. Setiap anggota mempunyai anggaran besar dan punya platform besar. Kalau saya Insya Allah tidak pernah ingkar," pungkasnya.

Menurut Bleggur, aspirasi masyarakat itu akan menjadi catatan bagi dirinya karena legislatif tidak boleh membohongi warga. Dirinya bersyukur tiga anggota DPRD Surabaya itu bukan dari Fraksi Golkar.

"Tentu akan menjadi catatan kami. Kita akan tingkatkan layanan masyarakat terutama untuk jasmas," tambahnya.

Bleggur menyebut aspirasi lain yang disampaikan dalam resesnya adalah permintaan pembuatan gorong-gorong. Mengingat di Simorejo Sari terjadi banjir ketika hujan deras.

Sementara dalam kesempatan itu, komitmen Bleggur untuk memenuhi janjinya ditunjukkan langsung dalam reses tersebut. Permintaan ibu PKK agar diberi seragam senam langsung dipenuhi oleh Bleggur. Perwakilan PKK diberi uang untuk pembelian 100 seragam senam oleh Bleggur.

(Pewarta : Supra)

Related News

Loading...
loading...