Begini Penjelasan KPU Soal Larangan Penerimaan Dana Kampanye

Komisioner KPU Kota Bengkulu Debi Harianto
Komisioner KPU Kota Bengkulu Debi Harianto
Polda Bengkulu

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Aturan bagi peserta Pemilihan Umum gencar disosialisasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bengkulu. Terkait dana kampanye salah satunya, KPU dalam hal ini meminta peserta Pemilu untuk memahami berbagai draf aturan PKPU RI, diantaranya Parpol dilarang menerima dana kampanye dari pihak asing, Pemerintah Daerah, BUMN maupun BUMD.

Disampaikan Komisioner KPU Kota Bengkulu Debi Harianto, pihak KPU juga telah mempersiapkan tim audit untuk memastikan peserta pemilu tidak melanggar aturan sebagai peserta pemilu. Tentang dana kampanye tidak diperkenankan dari pihak yang tidak jelas.

"Mengenai hal itu diatur dalam PKPU Pasal 64 peserta pemilu, pelaksanaan kampanye dan tim kampanye dilarang menerima sumbangan dana dari pihak asing, penyumbang tidak jelas, pemerintah daerah dan BUMN maupun BUMD. Nah, jika mereka menggunakan dana dari pihak yang dilarang tersebut nanti dikenakan sanksi pidana dan KPU juga ada tim audit," jelas Debi (Rabu (12/09/2018) kemarin.

Dalam kontestasi politik pada Pemilu 2019 dijelaskan Debi masing-masing Parpol atau Bakal Calon Legislatif juga akan diaudit untuk mengetahui sumber dana kampanye yang akan dipergunakan.

"Tentu kita ada audit untuk mengetahui sumber dana kampanye masing-masing Parpol ataupun Bacaleg," jelas Debi. (JS)

Dibaca: 8 kali

Related News

mendes

 

prov