Cegah Wabah Corona, Tim Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar Sterilisasi Ponpes di Wonodadi

Selasa, 24/03/2020 - 15:35
Aksi Penyemprotan Disinfektan di Salah Satu Ponpes di Kecamatan Wonodadi
Aksi Penyemprotan Disinfektan di Salah Satu Ponpes di Kecamatan Wonodadi

Klikwarta.com | Kabupaten Blitar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Desease 19 (Covid-19) atau virus korona, melalukan aksi penyemprotan cairan Disinfektan di sejumlah Pondok Pesantren wilayah kecamatan Wonodadi, Selasa (24/03/2020).

Gerakan penyemprotan Disinfektan dipimpin oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar, Ahmad Cholik. Pada kesempatan itu, Cholik, panggilan akrabnya, mengatakan, aksi ini merupakan upaya pemerintah untuk mencegah potensi kemunculan wabah Covid-19. 

"Jadi ini juga menindaklanjuti arahan Bupati Blitar dalam rangka penanganan penyebaran Covid-19. Kita juga telah membentuk gugus tugas dan salah satu tugasnya ialah menyemprotkan disinfektan di beberapa tempat publik, dan saat ini berada di kecamatan Wonodadi di salah satu Ponpes," jelas dia. 

Selain melakukan penyemprotan Disinfektan, di ruang dan waktu yang sama, petugas sekaligus memberikan sosialisasi kepada santri untuk disiplin menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan virus korona. 

Diterangkan Cholik, santri maupun pengurus ponpes turut diminta untuk taat mengikuti arahan pemerintah terkait pelaksanaan protokol kesehatan dalam rangka mengantisipasi merebaknya virus korona. Salah satu poin di protokol kesehatan itu, seperti melaksanakan Social Distancing (menjaga jarak) ketika bertemu antar perorangan. 

"Yang penting perintah diam di rumah, jaga jarak (social distancing) harus dijaga, itu penting. Selalu melakukan kegiatan pembersihan lingkungan, bersihkan diri jika melakukan kontak menggunakan alat-alat kesehatan yang ada," tandasnya.

Ditambahkan dia, Pemkab Blitar di waktu yang sama juga melancarkan aksi penyemprotan Disinfektan di wilayah kecamatan Wonotirto.

(Faisal/Kmf/Adv)

Related News

Loading...

pers

loading...