Kasasi Ridwan Mukti Ditolak, Rohidin Mersyah Segera Jadi Gubernur Bengkulu

Gubernur Bengkulu Nonaktif Ridwan Mukti
Gubernur Bengkulu Nonaktif Ridwan Mukti
Polda Bengkulu

Klikwarta.com - Mahkamah Agung (MA) akhirnya memberikan kabar terkait hasil kasasi Gubernur Bengkulu nonaktif Ridwan Mukti dan istrinya Lily Martiani Maddari.

Melalui juru bicara Mahkamah Agung, Suhadi, putusan Mahkamah Agung telah dibacakan pada 17 September 2018 dan dikeluarkan pada 18 September 2018 lalu, dimana dalam putusan MA menolak kasasi Ridwan Mukti.

Suhadi adalah salah satu dari anggota Majelis Hakim yang menangani perkara kasasi Ridwan Mukti bersama Hakim Agung Abdul Latief dan Hakim Agung Krisna Harahap. 

Alasan kasasi ditolak karena MA menganggap putusan ditingkat banding pada Pengadilan Tinggi Bengkulu sudah sesuai ketentuan hukum, yakni pada penerapan hukum formil dan materiil.

"Dipandang bahwa judex facti putusan ditingkat Pengadilan Tinggi Sudah benar," kata Suhadi, dikutip dari kumparan.

Ditingkat banding, Ridwan Mukti dan istri dihukum 9 tahun penjara dan denda Rp 200 juta subsider 2 bulan kurungan. Sementara pada putusan MA, besaran denda ditambah menjadi Rp 400 juta subsider 8 bulan kurungan. 

Dengan keluarnya putusan MA atas kasasi Ridwan Mukti, maka Plt Gubernur Bengkulu akan segera dilantik menjadi Gubernur Bengkulu definitif. Hal itu mengacu pada UU tentang Pemerintah Daerah. 

Sebelum dilantik sebagai Gubernur Bengkulu, terlebih dahulu melalui serangkaian administrasi di Mendagri, diantaranya terkait salinan putusan Mahkamah Agung yang menyatakan kasasi Ridwan Mukti ditolak yang akan menjadi dasar pemberhentian Gubernur Bengkulu nonaktif Ridwan Mukti. Setelah itu, baru kemudian Rohidin Mersyah yang saat ini menjabat sebagai Plt Gubernur Bengkulu dilantik menjadi Gubernur Bengkulu definitif. (BT) 

Dibaca: 19 kali

Related News

mendes

 

prov