Penelitian Temuan Peninggalan Bersejarah Desa Galuh Timur Brebes Terus Dilakukan

Kamis, 25/07/2019 - 16:42
Tim Balai Arkeologi Yogyakarta Lakukan Penelitian Di lokasi Penemuan Candi Dukuh Kalipucung Tonjong Brebes
Tim Balai Arkeologi Yogyakarta Lakukan Penelitian Di lokasi Penemuan Candi Dukuh Kalipucung Tonjong Brebes

Klikwarta.com, Brebes – Tim Balai Arkeolog Yogyakarta yang dipimpin Prof Gunardi kembali menemukan bangunan candi peninggalan sejarah di Desa Galuh Timur Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Kamis (25/07/2019). 

Penelitian terkait penemuan bangunan candi yang terletak di lahan perhutani dukuh Kalipucung tersebut sempat meramaikan jagad dunia maya yang tersebar luas di media massa.

Bahkan dalam penelitiannya Prof. Gunardi dari balai arkeologi Yogyakarta beserta 2 orang, didampingi Sekertaris Desa Galuhtimur Muhajir, Babinsa Galuhtimur Sertu Ali Mahfur dan masyarakat 15 orang, menyaksikan langsung dilokasi eks bangunan candi peninggalan bersejarah.

Menurutnya Bangunan Candi tersebut  diperkirakan dibangun sekitar tahun 500 SM sampai dengan 500 M, dan pada jamannya bangunan tersebut digunakan sebagai bangunan suci karena ditemukan sumur dengan diameter 80 Cm x 80 cm yang dibangun dengan bata merah. 

Selain itu disekitar lokasi juga ditemukan Arca Dharmapala dan kelengkapan lainnya yang menandakan adanya sebuah bangunan candi. Tambah Prof. Gunardi. (***)

a

TMMD

 

Related News