Walikota Blitar Buka Penekanan Tugas Implementasi SAKIP

Senin, 23/05/2022 - 22:57
Walikota Blitar Santoso Saat  Berikan Sambutan Pada Acara Penekanan Tugas Implementasi SAKIP di Kota Blitar
Walikota Blitar Santoso Saat Berikan Sambutan Pada Acara Penekanan Tugas Implementasi SAKIP di Kota Blitar

Klikwarta.com, Blitar - Walikota Blitar Santoso dijadwalkan membuka acara penekanan tugas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemet (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) tahun 2022 dan Launching Klinik Reformasi Birokrasi Blitar Keren serta Core Values ASN BerAkhlak, di Balaikota Koesumo Wicitra, Senin (23/5/2022).

Santoso mengatakan, sudah saatnya Kota Blitar melalui pemerintahnya mampu meraih nilai A dalam koridor pertanggungjawaban kinerja instansi pemerintah melalui indikator Sistem Akuntabilitas Kinerja Sistem Pemerintah (SAKIP). Kemudian, indeks Reformasi Birokrasi (RB) diharapkan bisa naik jadi BB.

"Sudah saatnya Kota Blitar tidak hanya bertahan dengan nilai BB dan harus kita naikkan, kita harus memiliki target bagaimana kita mampu mengejar untuk nilai A,” ulasnya dalam petikan sambutannya.

Instansi pemerintahan di Kota Blitar menurutnya patut diapresiasi kinerjanya, sebab atas kualitas kinerjanya predikat positif pelayanan kinerja pemerintahan diapresiasi oleh pemerintah pusat. Ini menjadi tampak ketika muncul penilaian yang bagus oleh kementerian terkait kepada OPD di Kota Blitar.

"Peningkatan nilai itu tidak lepas dari kemampuan dan kualitas dari OPD yang patut dihargai. Juga berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Inspektorat menunjukkan bahwa SAKIP hasilnya hampir dengan nilai A," tandasnya.

Santoso menekankan, untuk mencapai target itu tidak hanya menjadi tugas kepala daerah, OPD dan eselon, tetapi sampai jajaran tingkat staf harus kompak mengupayakannya dengan serius dalam memahami penyusunan Rencana Kerja (Renja), Rencana Strategis (Renstra), Laporan Kinerja Pemerintah (Lakip) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

 

(Pewarta : Faisal NR)

Related News