Pemkab Tuban Diminta Pikirkan Nasib Pedagang Pasca Kebakaran

Rabu, 04/03/2020 - 19:55
Anggota Komisi B DPRD Jatim Go Tjong Ping
Anggota Komisi B DPRD Jatim Go Tjong Ping

Waspada Corona

Klikwarta.com, Tuban - Pemerintah Kabupaten Tuban di minta untuk segera melakukan langkah langkah konkrit khususnya mengenai nasib para pedagang imbas kebakaran pasar baru Tuban.

Penegasan ini dikatakan anggota Komisi B DPRD Jatim Go Tjong Ping menyikapi kebakaran pasar baru Tuban yang membakar hampir seluruh bangunan pasar yang ada di jalan Gajah Mada Tuban semalam, Selasa (03/03/20).

Menurut politisi yang berasal dari Tuban ini, langkah-langkah kongkrit perlu segera dilakukan untuk memberikan rasa tenang pada para pedagang yang mengalami kerugian akibat kebakaran yang terjadi tersebut.

"Sekalian pihak kepolisian juga segera mengusut segera dan mengumumkan ke masyarakat penyebab kebakaran yang meluluh lantahkan pasar yang menjadi salah satu urat nadi petekonomian Kabupaten Tuban itu," ungkapnya, Rabu (04/03/20)

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, pihaknya juga meminta agar pihak perbankan yang memberikan kredit kepada para pedagang pasar baru Tuban juga memeberikan kelunakan untuk pedagang dalam mengansur pinjaman yang dilakukan.

"Mereka kena musibah jadi wajar bila perbankan memahami dan memberikan kelunakan dalam pembayaran angsuran kredit mereka. Bahkan kalau perlu perbankan memberikan kredit lunak pula bagi pedagang untuk modal mereka pasca kebakaran," jelasnya.

Dalam kesempatan ini Tjong Ping juga meminta pemkab Tuban melakukan percepatan pembangunan kembali pasar tuban baru pasca kebakaran. Serta segera menentukan tempat relokasi sementara kepada para pedagang yang ada pasca kebakaran tersebut.

Bahkan kalau perlu lanjutnya, Pemkab Tuban bisa meminta bantuan pemprov Jatim untuk ikut dalam pendanaan percepatan kembali pasar yang menjadi milik pemkab Tuban tersebut.

"Ini perlu segera dilakukan karena sebentar lagi yakni pada bulan 4 sudah memasuki bulan puasa dan disusul lebaran. Ini bulan yang dinantikan pedagang untuk meraih keuntungan. Kasihan bila mereka tidak bisa bedagang dibulan tersebut," pungkasnya.

Sekedar di ketahui, Kebakaran melanda Pasar Baru,  di kawasan Jl. Gajahmada, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, terbakar, Selasa (3/3/2020) malam. Hampir seluruh bangunan ludes terbakar.

Sampai dengan pagi tadi Petugas Pemadam Kebakaran (PMK) yang mengerahkan 5 mobil PMK terus melakukan pembasahan terhadap kondisi pasar tersebut.

Belum ada keterangan resmi sampai saat ini penyebab kebakaran yang menimpa pasar baru tuban, termasuk total kerugian yang dialami para pedagang.

(Pewarta : Supra)

Related News

Loading...
loading...