Simak Warganet ! Pembuat Akun Facebook Palsu Mengatasnamakan Kajati Bengkulu Diringkus

Jumat, 28/02/2020 - 08:38
Tersangka dan Barang Bukti
Tersangka dan Barang Bukti

Waspada Corona

Klikwarta.com, Bengkulu - Mulailah bijak bermedia sosial, kata inilah yang bisa mengingatkan para warganet untuk selalu berhati-hati dalam bermedia sosial dan juga cerdas bermedia sosial. Jangan sampai malah terkena Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Seperti yang terjadi pada seorang tersangka inisial LT (27) ini, karena membuat akun palsu mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Bengkulu diduga untuk penipuan, tersangka diringkus polisi.

Dilansir Tribratanewsbengkulu.com, penangkapan terhadap LT bermula dari patroli Tim Cyber Ditreskrimsus Polda Bengulu yang menemukan akun facebook yang mencurigakan atas nama Kajati Bengkulu. Tak hanya nama yang sama, akun tersebut juga disertai foto Kajati.

Kemudian petugas langsung mengkonfirmasi ke kejaksaan dan benar akun tersebut palsu. Tak mau disalahgunakan, kemudian Kajati melaporkan kejadian tersebut ke Polda Bengkulu. Berdasarkan laporan tersebutlah tim langsung bergerak cepat hingga pelaku berhasil diamankan.

Saat penangkapan tim Subdit Siber Direktorat Reskrimsus Polda Bengkulu dibackup Jatanras Polda Metro Jaya.

Tersangaka LT ditangkap pada Rabu (26/02/2020) kemarin di Jakarta. Dari tangan LT diamankan barang bukti berupa 1 Unit HP Iphone, handsfree, charger, power bank. 1 buah simcard, 1 buah Buku tabungan dan 1 lembar KTP. Tak hanya itu yang paling menguatkan ialah terdapat akun palsu facebook atas nama kajati Bengkulu di dalam hp pelaku yang digunakan untuk menipu.

Atas perbuatannya, pelaku dapat dijerat pasal yang dilanggar pasal 51 ayat 1 Juncto pasal 35 Undang-Undang RI No 19 Tahun 2016 tentang ITE. (Red/FR)

Related News

Loading...
loading...