Stand Pameran Perkenalkan Potensi Daerah Kepada Pengunjung Festival Tabut

Wartawan Klikwarta.com saat mengujungi salah satu stand pameran di Festival Tabut, Kamis malam (13/09/2018).
Wartawan Klikwarta.com saat mengujungi salah satu stand pameran di Festival Tabut, Kamis malam (13/09/2018).
Polda Bengkulu

Klikwarta.com, Kota Bengkulu - Dalam Festival Tabut yang sudah berlangsung lima hari, masyarakat diperkenalkan kepada sebuah pameran khusus yang mengajak mereka terhubung langsung kepada sebuah intansi daerah yang ada. Ada 20 stand yang disediakan oleh pihak panitia dalam Festival Tabut, di antaranya Stand Dinas Ketahan Pangan, BAWASLU, Lembaga Pelatihan Kerja, Dinas Koprasi dan UKM, Dinas Perpustakaan Daerah, Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Dinas Pariwisata Kota Bengkulu, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan, Dinas KB, Bank Bengkulu, Grapari Telkomsel, dll. 

Stand Pameran adalah suatu kegiatan mempertontonkan hasil prestasi dari karya masyarakat untuk bidang kreasi tertentu yang dihasilkan dalam kurun waktu tertentu pula. Hal tersebut bertujuan mengajak masyarakat tahu persis apa dan bagaimana proses kegiatan yang berada pada naungan Instansi yang ada.

Dari berbagai stand yang ada mereka sangat antusias mengajak dan mengenalkan kepada masyarakat tentang berbagai jenis Unit Kegiatan Masyarakat dan produk-produk olahan pangan dan non pangan. Dari kedua puluh Stand yang ada dua berasal dari pemerintah daerah, lima dari Stand Swasta, dan 13 dari Pemerintah Kota. 

Rendra (32) salah satu panitia pameran Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu menuturkan, "Dari berbagai jenis produk yang di hadirkan berupa bibit, produk olahan, hidroponik, dan masih banyak lagi. Di antaranya adalah wewenang pihak UKM dalam mempresentasekan hasil olahan yang ada untuk masyarakat". Ia juga menuturkan Pihaknya selalu mengikuti berbagai event Festival Nasional yang digelar di beberapa daerah luar Kota Bengkulu.

Sarisno (35) panitia pada stand Pariwisata Rejang Lebong menuturkan, "hasil pertanian dan hasil kreasi dari Rejang Lebong dipamerkan secara totalitas berupa 50 jenis produk olahan masyarakat. Dari berbagai macam jenis olahan yang ada, Kopi Sintaro Rejang Lebong menjadi salah satu produk yang banyak diminati oleh masyarakat".

Dinas Kerja Trans juga ikut andil dalam mensosialisasikan program peluang kerja dan magang ke Jepang. Pihaknya bekerja sama dengan LPK Bahasa Jepang. Yoki (29) menjelaskan, "Program dari Disnaker adalah pelatihan satu kabupaten satu kelurahan menyeleksi satu orang tenaga pekerja untuk kemudian dibiayai oleh pemerintah agar bisa bekerja di Jepang pada salah satu Dinas Panti Jompo". 

Dari hasil penelusuran, stand yang banyak menarik masyarakat dalam melihat hasil produk masyarakat yaitu Lembaga Pelatihan Kerja NAKAYOSHI HIRO, yaitu lembaga  kerja yang dihadirkan untuk masyarakat tau bagaimana proses pelatihan kerja dan magang di Jepang. Pihak panitia Stand pada pameran Balai Pelatihan Kerja menghadirkan sebuah presentase kepada masyarakat melalui kegiatan yang unik, yakni dengan mengadakan strategi permainan kepada masyarakat yang justru membuat mereka penasaran tentang stand tersebut.

Dari Dinas Perpustakaan Daerah juga mengajak masyarakat untuk giat dan menghilangkan batas enggan dalam membaca di mana saat ini Kota Bengkuku menjadi salah satu Kota yang mengalami penurunan statis dalam budaya membaca. Dodi (40) mengungkapkan, "dengan adanya event ini, Dinas Perpustakaan Provinsi mengajak kembali masyarakat untuk menumbuhkan minat baca melaui strategi pendekatan pada anak usia dini".

Dalam lima hari terakhir, para pengunjung yang sudah menghadiri masing-masing stand, rata-rata di antara 150-250 orang pengunjung.

(Bisri)

Produk olahan UKM di stand koprasi
Produk olahan UKM di stand koprasi
Produk olahan di Stand Dinas Pariwisata Rejang Lebong
Produk olahan di Stand Dinas Pariwisata Rejang Lebong
Produk olahan di Stand Dinas Pariwisata Rejang Lebong
Produk olahan di Stand Dinas Pariwisata Rejang Lebong
Pameran Dinas Perpustakaan Daerah
Pameran Dinas Perpustakaan Daerah
Dibaca: 25 kali

Related News

mendes

 

prov