Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, DD 2019 Melati Harjo Bangun Polindes

Kades Melati Harjo Dukut Sumari S.IP
Kades Melati Harjo Dukut Sumari S.IP

Klikwarta.com, Bengkulu Utara - Polindes (Pondok Bersalin Desa) adalah salah satu bentuk peran serta Pemerintah Desa dalam menyediakan tempat pertolongan, khususnya persalinan dan pelayanan kesehatan ibu dan anak termasuk KB.

Guna meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat tersebut, pada anggaran Dana Desa tahun ini, Kades Melati Harjo Dukut Sumari S.IP berencana membangun Polindes. Seperti diketahui Desa Melati Harjo memiliki 4 dusun, 14 RT dengan jumlah penduduk sekitar 1.500  jiwa. Secara geografis jarak tempuh ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) cukup jauh.

"Tujuan pembangunan Polindes ini untuk mewujudkan peningkatan pelayanan kesehatan di Desa Melati Harjo", ujar Dukut Sumari,  Rabu (30/01/2019).

"Ini kita prioritaskan di tahun anggaran 2019 ini. Polindes ini sebagai layanan utama kesehatan masyarakat", sambungnya.

Dengan adanya pembangunan Polindes ini, Kades Dukut Sumari berharap agar pelayanan kesehatan di Desa Melati Harjo dapat meningkat. 

"Selama ini, masyarakat harus ke Puskesmas untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, jaraknya cukup jauh. Jika polindes ini sudah beroperasi, maka masyarakat bisa mendapatkan pertolongan awal. Terutama masyarakat yang melahirkan dan sakit ringan", ungkapnya. 

Ia menjelaskan, saat ini didesanya sangat dibutuhkan fasilitas kesehatan yang memadai dan mudah dijangkau masyarakat. 

"Kita prihatin dengan kondisi bidan desa yang saat ini melayani masyarakat di rumah kontrakan. Maka dari itu, selain memberikan fasilitas kesehatan ke masyarakat juga untuk memberikan ruang bagi bidan desa untuk melayani masyarakat yang membutuhkan di Polindes ini nantinya", tandasnya.

Kades Dukut Sumari memang termasuk sosok pemimpin yang melayani masyarakat didesanya secara menyeluruh demi terwujudnya Desa Melati Harjo yang maju, mandiri, sehat dan sejahtera. (LJ) 

Related News

B

 

Caleg
Herliardo

 

Benny
Usin